Ekonomi

Harga Minyak Dunia Naik ke Level Tertinggi

rizky
Hand over
Ilustrasi
MATATELINGA. Jakarta - Harga minyak menyentuh level tertinggi dalam tiga tahun di atas USD85 per barel. Harga minyak dunia menguat pada akhir perdagangan Jum'at (Sabtu pagi Wib).



Sementara itu, penurunan tajam stok minyak di Amerika Serikat dan negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) diperkirakan akan membuat pasokan global tetap ketat.


"Dibutuhkan tiga peristiwa untuk menggagalkan reli harga minyak ini: OPEC+ secara tak terduga meningkatkan produksi, cuaca hangat melanda Belahan Bumi Utara, dan jika pemerintahan Biden memanfaatkan cadangan minyak strategis," kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA. Seperti dikutip dari Okezone, Sabtu (16/10/2021)


Baca Juga:Indeks Dolar AS Melemah Terhadap Sekeranjang Mata Uang

Perusahaan energi AS minggu ini menambahkan rig minyak dan gas alam selama enam minggu berturut-turut karena melonjaknya harga minyak mentah mendorong pengebor untuk kembali ke sumur.


Jumlah rig minyak dan gas AS, indikator awal produksi masa depan, naik 10 menjadi 543 rig dalam seminggu hingga 15 Oktober, tertinggi sejak April 2020, perusahaan jasa energi Baker Hughes Co mengatakan dalam laporannya yang dipantau cermat pada Jum'at (15/10/2021)



Badan Energi Internasional (IEA) pada Kamis (14/10/2021) mengatakan krisis energi diperkirakan akan meningkatkan permintaan minyak sebesar 500.000 barel per hari (bph).


Itu akan menghasilkan kesenjangan pasokan sekitar 700.000 barel per hari hingga akhir tahun ini, sampai Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, bersama-sama disebut OPEC+, menambahkan lebih banyak pasokan, seperti yang direncanakan pada Januari.


Kenaikan harga minyak didorong oleh perkiraan defisit pasokan dalam beberapa bulan ke depan karena pelonggaran pembatasan perjalanan terkait virus corona memicu permintaan.


Penulis
: Mtc
Editor
: Rizky
Tag:Harga Minyak Dunia Naik ke Level TertinggiMatatelingaTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.