Ekonomi

Harga Kedelai Naik, Produsen Tempe Di Medan Terancam Bangkrut

Faeza
Mtc/ist
Masih tingginya harga komoditas bahan pokok termasuk kedelai di kalangan para importir hingga distributor, menyebabkan sejumlah produsen atau perajin usaha tempe dan tahu di Kota Medan mengalami keru

MATATELINGA, Medan: Masih tingginya harga komoditas bahan pokok termasuk kedelai di kalangan para importir hingga distributor, menyebabkan sejumlah produsen atau perajin usaha tempe dan tahu di Kota Medan mengalami kerugian bahkan terancam gulung tikar.

Seorang produsen tempe yang berada di Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Medan Selayang, Widodo mengeluhkan kenaikan harga kedelai di tingkat distributor sejak dua bulan lalu. Hal ini juga berpengaruh pada hasil produksi. Widodo mengaku, jika sebelum adanya kenaikan harga kedelai, tiap hari Widodo bisa memproduksi 70 hingga 80 kg kedelai.

Dari jumlah tersebut, Widodo bisa menghasilkan 300 hingga 350 bungkus plastik tempe dengan berbagai ukuran dan harga.

“Saat ini cuma berani produksi 25 hingga 30 kilogram kedelai karena harganya juga naik. Ini saya gak tahu, bisa bertahan atau enggak kalo harganya terus naik,” ucap Widodo.

Salah satu strategi yang dilakukan agar tidak merugi, dengan mengurangi berat dan ukuran tempe dari sebelumnya dengan harga tetap dari sebelumnya. Dengan begitu, dirinya bisa menekan cos pengeluaran anggaran produksi.

“Kita terpaksa mengurangi ukuran dan berat tempe bang, biar gak rugi. Kalo untuk harga tetap, tidak ada kenaikan,” jelasnya.

Dikatakan Widodo, jika sebelumnya harga kedelai per kilogram dijual dengan harga Rp 6.500, namun saat ini naik hingga Rp 9.300. Widodo mengaku, dengan kenaikan harga kedelai, omset penjualannya juga merosot hingga 50 persen. Jika dalam sehari Widodo bisa mendapat penghasilan Rp 1,1 juta, saat ini hanya bekisar Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu. “Apalagi karena corona ini, penjualan berkurang, omset juga turun hingga 50 persen. Sekarang dapat penghasilan Rp. 400 Ribu aja susah,” akui Widodo. (mtc)

Penulis
: Faeza
Editor
: Faeza
Tag:Harga tempe

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.