Ekonomi

Harga Aset Safe Haven Seperti Emas Mendaki, Menangnya Joe Biden

Administrator
Hand Over
MATATELINGA, Jakarta: Saat hasil pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) menunjukkan Joe Biden menang atas calon petahana, Donald Trump, harga aset safe haven seperti emas mendaki. Tren tersebut diprediksi masih akan berlanjut dan bisa dimanfaatkan investor untuk melakukan aksi beli.





Business Manager Indosukses Futures Suluh Adil Wicaksono menyebutkan, kemenangan Biden membuat pasar saham menanjak dan diikuti oleh harga emas spot.


"Kenaikan harga emas dipicu pelemahan dollar AS yang masih berlanjut pasca pilpres AS, dimana indeks dollar AS terpantau kisaran US$ 92," kata Suluh, Senin (9/11/2020).


Meskipun begitu, Suluh menilai, kemenangan Biden masih akan menunggu proses pengesahan, khususnya saat pelantikan pada Januari 2021 mendatang. Suluh melihat, pasar masih merespons positif kemenangan Biden dan mendorong harga emas spot naik.


Tidak seperti biasa, harga emas justru mampu naik saat daya tarik aset risk on juga tengah menanjak. Menurut Suluh, dalam beberapa bulan terakhir, pergerakan harga emas dengan aset berisiko seperti saham cenderung beriringan.


"Dollar AS selalu berlawanan, jadi pola ini lazim. Khususnya ketika dollar AS tidak lagi menarik dan Fed Fund Rate (FFR) mendekati level nol (0)," sebutnya.






Di samping itu, investor juga perlu mewaspadai perkembangan kebijakan Presiden AS yang baru, karena belum ada jaminan akan berbeda dari kebijakan-kebijakan sebelumnya. Ini juga mengacu pada perkembangan tensi perdangan antara AS dan China.


Faktor lain yang juga menjadi perhatian bagi investor emas adalah perkembangan stimulus yang akan digelontorkan AS untuk penanganan Covid-19. "Agak membosankan, tapi stimulus berikutnya akan tiba karena pandemi belum berlalu," ungkapnya.


Mengutip Bloomberg, pada perdagangan Senin (9/11/2020), harga emas spot di pasar commodity exchange (Comex) tercatat naik 0,37% ke level US$ 1.958 per ons troi.


Hingga akhir tahun, Suluh tidak menampik kemungkinan harga emas spot bisa kembali ke level psikologis US$ 2.000 per ons troi. Dia pun merekomendasikan buy on weakness saat emas spot menyentuh level US$ 1.950 per ons troi.

Penulis
: Mtc
Editor
: Amrizal
Sumber
: ktn
Tag:Joe BidenPilpres AS selesaiharga Emas mendakiharga beli emasharga jual EmasNilai tukar rupiahperekonomian duni9apesta demokrasi AS

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.