Ekonomi

China Setidaknya 30 tahun Lagi, Negara Manufaktur Terkuat di dunia

Administrator
Hand Over
MATATELINGA, Beijing: Banyak pengamat menjuluki China sebagai 'pabrik dunia' mengingat bahwa lebih dari sepertiga output global dari mobil hingga ponsel berasal dari Negeri Tirai Bambu -julukan China-.



Untuk menjadi negara manufaktur terkuat di dunia, China setidaknya 30 tahun lagi. Hal ini disampaikan oleh seorang penasihat pemerintah kepada delegasi partai.


Tetapi para pemimpin China khawatir tentang ketergantungan kepada Amerika Serikat (AS) untuk produk berteknologi tinggi seperti semikonduktor. "Kemampuan dasar masih lemah," ungkap Miao Wei.


"Teknologi inti berada di tangan orang lain dan China berisiko mendapat pukulan telak," ucap Mio memperingatkan yang pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Teknologi Informasi China selama satu dekade.


Ia saat ini menjadi anggota Konferensi Permusyawaratan Politik Rakyat Tiongkok (CPPCC), badan penasihat teratas untuk pemerintah. Meskipun China masih memasok sejumlah besar produk konsumen dan industri, output manufakturnya sebagai bagian dari ekonominya telah menurun.





Tahun lalu, manufaktur menyumbang sedikitnya lebih dari seperempat Produk Domestik Bruto (PDB), level terendah sejak 2012. "Rasio output manufaktur terhadap PDB telah menurun terlalu dini dan terlalu cepat," kata Miao dalam pidato kepada delegasi CPPCC di Aula Besar Rakyat di Beijing.


"Industri manufaktur China telah membuat pencapaian besar dalam beberapa tahun terakhir, tetapi situasi saat ini tidak cukup kuat dan komprehensif. Tetapi tidak baik bukan berarti fundamental berubah," tambah Miao.




Penulis
: Mtc
Editor
: Amrizal
Tag:Beijingmatatelinga.commatatelinga comblibliIndexjuluki china Pabrik Dunianegara manufaktur terkuat di duniaperekonomianTraveloka

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.