Ekonomi

Bengkak Tross! Utang Luar Negeri Indonesia Capai Rp6.056 Triliun

rizky
Hand over
Ilustrasi
MATATELINGA. Jakarta - Seperti kian terus bertambah dan terus bertambah seperti tidak ada henti henti nya. Kali ini, hingga pada akhir Agustus 2021 Utang Luar Negeri (ULN) mencapai sebesar USD423,5 miliar atau setara Rp6.056 triliun (kurs Rp14.300) atau tumbuh 2,7% (yoy).



Posisi ULN Pemerintah di bulan Agustus 2021 sebesar USD207,5 miliar dolar AS atau tumbuh 3,7% (yoy), sedikit meningkat dari pertumbuhan bulan sebelumnya 3,5% (yoy). Hal tersebut, lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 1,7% (yoy).


Baca Juga:Rp 5.000 Sudah Bisa Beli Token di PLN Mobile

Selain itu, perkembangan ULN disebabkan oleh masuknya arus modal investor asing di pasar Surat Berharga Negara (SBN) dengan seiring berkembangnya sentimen positif kinerja pengelolaan SBN domestik. Seperti dikutip dari Okezone, Sabtu (16/10/2021).



Mengutip dari keterangan BI, meski demikian posisi ULN Pemerintah masih dalam kategori aman karena hampir seluruh ULN memiliki tenor jangka panjang dengan pangsa mencapai 99,9% dari total ULN Pemerintah.

Penulis
: Mtc
Editor
: Rizky
Tag:MatatelingaTerkiniUtang luar negeri (ULN)Utang Luar Negeri Indonesia Capai Rp6.056 Triliun

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.