Ekonomi

Bank Sentral China Tetapkan Kurs Tengah Yuan Resmi pada 6,4760 per dolar AS

Administrator
Hand Over
ilustrasi
MATATELINGA, Jakarta: Bank sentral China menetapkan kurs tengah yuan resmi pada 6,4760 per dolar AS sebelum pasar dibuka, naik satu persen dari penetapan sebelumnya, penyesuaian lebih tinggi terbesar sejak 2005.





Di pasar luar negeri, yuan menguat ke setinggi 6,4119 untuk pertama kalinya sejak pertengahan Juni 2018. Yuan mengawali perdagangan minggu ini pada 6,494 yuan per dolar.


Dolar sempat menguat dalam langkah risk-off (penghindaran risiko) pada Senin (4/1/2021) karena saham Amerika (AS) turun, tetapi melanjutkan jalur penurunannya setelah pengumuman China, yang juga membantu mengangkat mata uang berisiko.


Setelah awalnya dibuka lebih rendah pada Selasa (5/1/2021), saham AS rebound yang semakin mengurangi daya tarik dolar, dengan prospek pemilihan putaran kedua Senat AS di Georgia menarik perhatian yang terlalu besar.


Dolar Amerika jatuh terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), di tengah keputusan China menaikkan nilai tukar yuan resminya dengan margin tertinggi sejak meninggalkan patokan dolar pada 2005, sementara pemilihan putaran kedua Senat AS di negara bagian Georgia juga menjadi fokus.





Kemenangan Demokrat di negara bagian Georgia dapat mengambil kendali Senat dari Partai Republik, membuka jalan bagi langkah-langkah stimulus lebih lanjut serta pajak perusahaan yang lebih tinggi dan lebih banyak peraturan.


"Ada perbedaan pandangan yang besar tentang pemilihan di Georgia ini, orang-orang agak bingung sejauh apa yang akan menjadi hasil di sini," kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA di New York.



Penulis
: Mtc
Editor
: Amrizal
Sumber
: Okz
Tag:matatelinga.commatatelinga comblibliIndexkur dollarKurs DolarNilai rupiahTerkiniTraveloka

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.