Bola

Barcelona Kehilangan 11% Pendapatan Komersial Pasca Ditinggal Lionel Messi

rizky
GOOGLE
Lionel Messi
MATATELINGA. Barcelona " Sebuah laporan menyebut bahwa Barcelona akan kehilangan 11% dari seluruh pendapatan komersial mereka setelah Lionel Messi pergi. Barcelona akan segera merasakan dampak besar dari perpisahannya dengan Lionel Messi.



Messi merupakan superstar global yang memiliki lebih dari 240 juta pengikut di Instagram. Lebih dari dua kali lipat pengikut akun resmi Barcelona yang berada di angka 99,5 juta.


https: img.okezone.com content 2021 08 10 51 2453386 rugi-besar-ditinggal-lionel-messi-barcelona-kehilangan-11-pendapat-komersial-r4G4WqZUgX.jpg


Popularitas Messi di Barcelona pun tak hanya di level klub, melainkan di negara kelahirannya. Hal itu ditunjukkan dari penghasilan kaus nomor 10 milik Messi di Timnas Argentina yang tercatat menyumbang lebih dari 169 juta poundsterling atau sekira Rp3,3 miliar.


Baca Juga:Lionel Messi Beri Barcelona Tamparan Keras

Kini, mungkin saja kekecewaan penggemar mengiringi kepergiannya dengan tidak membeli segala hal yang mengaitkan sang legenda dengan Barcelona. Keuntungan pun kemudian bisa mengarah ke Paris Saint-Germain (PSG) yang digadang-gadang semakin dekat mendapatkan Messi.


Sekadar informasi, kabar terakhir menyebutkan bahwa PSG telah menyodorkan kontrak dua musim untuk peraih enam trofi Ballon dOr ini. Adapun nilai kontrak berjumlah 25 juta euro atau sekira Rp413 miliar, termasuk pajak dari transfer sang pemain.



Messi pun direncanakan akan tiba di Paris dalam waktu dekat untuk menjalani tes medis. Ribuan penggemar PSG bahkan sudah bersiap menyambut kedatangan sang legenda.


Pendapatan komersial itu sendiri diketahui berupa merek dari penjualan tiket dan merchandise yang berhubungan dengan Messi. Sebagaimana diketahui, publik Catalan memang akan sangat kehilangan sosok sang bintang setelah tak ada pembaruan kontrak di klub.


Messi pun dengan berat hati meninggalkan Barcelona dan menyampaikan pesan emosional pada konferensi pers yang digelar Minggu 8 Agustus 2021. Kala menyampaikan kata-kata perpisahannya dengan Barcelona, Messi sendiri tak bisa membendung air matanya.


Menurut brand finance yang dikutip dari laman Sportsmole pada Selasa (10/08/2021), kepergian Messi sendiri dapat memberi kerugian besar kepada Barcelona. Klub berjuluk Blaugrana itu akan mengalami kerugian mencapai 65 juta poundsterling hingga 116 juta poundsterling (sekira Rp1,3 miliar-Rp2,3 triliun).


Penulis
: Mtc/Okz
Editor
: Rizky
Sumber
: Okezone
Tag:barcelonaBarcelona Kehilangan 11% Pendapatan KomersialBolaLionel MessiMatatelingasepak bolaTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.