Bola

Dari Barcelona Sampai Brasil, Tor ke Eropa

Administrator
Matatelinga - Jakarta,Kenapa mengerikan? Karena klub atau negara yang akan dihadapi skuad Garuda Jaya, julukan timnas U-19, adalah Barcelona, Brasil, Argentina, dan juga Spanyol. Tim nasional (timnas) U-19 akan menjalani tur mengerikan pada Agustus mendatang. 

Tur Eropa, jadi bagian selanjutnya Road To AFC Cup U-19 Myanmar. Dimana nantinya akan ada sepuluh klub atau negara kelas satu, yang akan ditantang skuad besutan Indra Sjafri dalam turnamen U-20 di Spanyol.

Untuk klub, seperti diantaranya ada Barcelona U-20 dan Valencia U-20. Sedangkan, negara-negara yang tergabung dalam turnamen U-20 juga bukan negara sembarangan di kancah sepakbola dunia. Seperti diantaranya ada Brasil U-20, Argentina U-20, Spanyol U-20, Chile U-20, Amerika Serikat U-20, dan timnas U-19 yang akan memakai nama timnas U-20 Indonesia.

"Agustus, tur Eropa atau internasional tur di Eropa. Destinasi di Valencia, Spanyol. Di sana akan ada turnamen U-20 melibatkan timnas dan klub U-20," ungkap Sekertaris Badan Tim Nasional (BTN), Sefdin Syaifudin. 

"Negara- negara diantaranya U-20 Brasil, U-20 Argentina, U-20 Spanyol, U-20 Chile, U-20 Amerika serikat dan U-20 Indonesia. Akan ada 10 tim, diantaranya negara-negara itu," lanjutnya. 

Sefdin pun memastikan jika gelaran tersebut sudah terjadwal dan masuk dalam kalender uji coba internasional timnas U-19. Namun, agar tur Eropa ini bisa berjalan lancar, BTN berharap adanya dukungan dari mitra atau patner yang bisa mensponsori terselenggaranya uji coba tersebut.

Menurut Sefdin, berbagai pihak harus turut serta mengembangkan sepakbola Indonesia. Tidak terkecuali pemerintah lewat Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dan belakangan ini, berbagai BUMN memang terlihat aktif di dunia sepakbola. Yaitu dengan ikut andil mendatangkan klub-klub papan atas Inggris.

"Itu semua sudah dijadwalkan, nah sekarang tinggal PSSI mencari mitra atau patner sponsor untuk road to Internasional tur U-20. Siapakah sponsornya, apakah BUMN? Kan banyak BUMN, ada Pertaminan, Garuda, BNI. Garuda bisa sponsori Liverpool, BNI bisa sponsori Chelsea," papar Sefdin. 

Tur Eropa sendiri menjadi bagian kelima dalam Road To AFC Cup U-19 2014. Dimulai dengan Tur Nusantara Jilid I, setelah itu dilanjut meladeni negara Timur Tengah seperti Uni Emirat Arat (UEA), Oman, Qatar, dan Bahrain dalam Tur Timur Tengah. Dan kemudian, skuad Garuda Jaya kedatangan Jepang, Myanmar, dan Selandia Baru. Lalu dilanjut dengan Tur Nusantara Jilid II.

Rangkaian Road to AFC Cup U-19 2014, Timnas U-19:

Februari Maret: Tur Nusantara Jilid I:

Lawan: PSS Sleman, Persiba Bantul, Pra PON DIY, Pra PON Jawa Tengah, PSIS Semarang, Persijap Jepara, Pra PON Jawa Timur, Persebaya Surabaya, Arema Cronus, Malang United, Pe

rsiba Balikpapan, Pusam Samarinda, Mitra Kukar

April: Tur Timur Tengah

Lawan: Uni Emirat Arab (UEA) Oman, Qatar, Bahrain (masih menunggu kepastian)

Mei: Laga Persahabatan

Lawan: Jepang, Selandia Baru, Myanmar

Akhir Mei Akhir Juni: Tur Nusantara Jilid II

Lawan: Persipura Jayapura, Perseru Serui, Sriwijaya FC, Semen Padang (Masih akan bertambah)

Agustus: Tur Eropa

Lawan: Barcelona U-20, Valencia U-20, Brasil U-20, Argentina U-20, Spanyol U-20, Amerika Serikat U-20, Chile U-20 

(Okz/Adm)

Tag:

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.