Berita Sumut

Wujudkan Kebersamaan, Pujakesuma Asahan Bangun Mushola

Faeza
Mtc/dieks
Ketua DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan saat bersama bupati Asahan , Kapolres Asahan dan Dandim 0208 Asahan
MATATELINGA, Asahan: Sebagai wujud kebersamaan, Keluarga Besar Paguyuban Pujakesuma Kabupaten Asahan membangun satu unit gedung Mushola Pujakesuma yang berlokasi di areal Pendopo Pujakesuma. Kegiatan ini menggunakan dana anggaran yang dikumpulkan dari warga Pujakesuma Asahan.


Mushola Pujakesuma ini langsung diresmikan Bupati Asahan H.Surya , Senin (04/10/2021).



Ketua DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan dalam keterangannya mengatakan peresmian Mushola Pujakesuma Kabupaten Asahan ini dapat terlaksana berkat kerjasama dari semua pengurus Pujakesuma Kabupaten Asahan.


Di samping persemian Mushola, kegiatan ini juga sebagai temu kangen antara seluruh ketua etnis yang ada di Kabupaten Asahan.


"Dimana pada tahun-tahun sebelumnya seluruh etnis dapat bertemu dalam ajang Pekan Seni Budaya Daerah (PSBD) yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Asahan, dan kegiatan PSBD diselenggarakan setiap 2 tahun sekali, tetapi pada saat ini tidak dapat dilaksanakan dikarenakan pandemi covid 19 yang sedang melanda,"ujar Rianto.



Sementara Bupati Asahan H. Surya bersama dengan Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira dalam keterangannya mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan menyambut baik pembangunan Musholla ini yang merupakan bahagian dari bentuk penyesuaian visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan yaitu mewujudkan Masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.


Ada beberapa prinsip dasar yang perlu diperhatikan dan dipedomani dalam pengelolaan musholla diantaranya membina dan memelihara musholla sesuai dengan tuntunan dan ajaran Islam, memelihara dan memperhatikan kehormatan Musholla sebagai lambang kesatuan umat serta mengoptimalkan fungsi Musholla sebagai tempat dakwah dan syiar Islam yang menimbulkan simpati, kedamaian dan ketenteraman bagi lingkungan sekitarnya.


Bupati Asahan H.Surya juga menyampaikan harapannya kepada seluruh etnis yang ada di Kabupaten Asahan untuk terus melestarikan seni dan budaya yang dimiliki, sehingga nilai nilai seni budaya yang ada di Kabupaten Asahan tidak hilang tergerus dengan seni budaya asing.


"Untuk melestarikan seni dan budaya yang dimiliki setiap etnis di Kabupaten Asahan, Pemerintah Kabupaten Asahan memiliki program PSBD Kabupaten Asahan yang diselenggarakan 2 tahun sekali, dimana program ini bertujuan untuk memperkenalkan seni budaya masing masing etnis kepada masyarakat Kabupaten Asahan, tetapi saat ini program tersebut tidak dapat dilaksanakan dikarena pandemi covid 19, oleh karenanya kita semua berharap pandemi covid 19 ini segera berlalu dari bumi Rambate Rata Raya, sehingga pelaksanaan PSBD dapat kita selenggarakan kembali," pungkasnya. (mtc/dieks)

Penulis
: Didieks
Editor
: Ism

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.