Berita Sumut

UKM JBM Tinjau Lokasi TMMD untuk Penanaman Bibit Euchalyptus dan Penyerahan Hand Sanitizer

Administrator
mtc|ist

MATATELINGA, Medan: UKM Jurnalis Bina Mandiri (JBM) Medan meninjau lokasi pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kecamatan Medan Marelan, Selasa (20/10/2020) terkait penanaman bibit Euchalyptus dan penyerahan 100 botol hand sanitizer beraroma minyak atsiri dari pohon eucalyptus.

Dilokasi yang dikunjungi tersebut, Fakhruddin, Dedy Armaya didampingi Husni Lubis dari UKM Jurnalis Bina Mandiri Medan memberikan bibit Euchalyptus di terima Kaur Komsos Kodim 0201/BS, Kapten Kav A.Sinaga, yang disaksikan Prajurit TNI yang sedang melakukan renovasi Musolla dalam kegiatan TMMD-109 tersebut.

Penyerahan Bibit Euchalyptus dan 100 botol hand sanitizer beraroma minyak atsiri dari pohon eucalyptus secara formal dilakukan UKM Jurnalis Bina Mandiri Medan pada penutupan TMMD Kodim 0201/BS, Rabu (21/10/2020 bertempat di Gedung Marelan Hall Pasar 4 Barat Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan.

"Penyerahannya kepada Kodim 0201/BS dilakukan secara simbolis pada acara penutupan TMMD Kodim 0201/BS. Usai penutupan dilakukan penanaman di lokasi TMMD 109 Tahun 2020, mudah-mudahan apa yang dilakukan UKM Jurnalis Bina Mandiri dalam kaitan TMMD 109 ini bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi warga sekitar TMMD, " kata Fakhruddin dan Dedy Armaya.

Kocu panggilan akrabnya menjelaskan, hand sanitizer dan bibit Eucalyptus merupakan hasil kerja sama PT TPL dengan pusat kajian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Universitas Sumatera Utara (Iptek USU).

Euchalyptus memiliki kandungan senyawa aktif 1,8- cineole (eucalyptol) yang mampu menekan pertumbuhan berbagai jenis virus, termasuk Covid-19 dalam skala 80-100 persen. "Ini potensi besar bernilai ekonomis dan kesehatan untuk dikembangkan," pungkasnya.

Sebelumnya, peneliti pusat kajian Iptek USU Muhammad Taufik mengatakan, penelitian minyak atsiri dari pohon eucalyptus sudah lama dilakukan. Mulai akar, batang, daun hingga gulma yang hidup di sekitar tanaman.

Kata Muhammad Taufik, ada sekitar 17 senyawa bermanfaat yang terkandung di dalamnya, salah satunya digunakan untuk pembuatan hand sanitizer beraroma Eucalyptus. Hand sanitizer ini sudah diproduksi secara terbatas dan resmi diluncurkan. "Produk ini aman digunakan, seluruh bahannya diambil dari proses ekstraksi bahan baku yang alami," ungkapnya.

Penulis
: wewend
Editor
: Amrizal
Sumber
: rel
Tag:bliblimatatelinga.commatatelinga comTravelokaIndexTerkini

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.