Berita Sumut

Tingkatkan Kemampuan, Brimob Sumut Gelar Latihan SAR

Faeza
Mtc/ist
Tingkatkan kemampuan individu, personil Sat Brimob Polda Sumut gelar latihan SAR di Taman Cadika Kecamatan Medan Johor, Sabtu(6/3/21).
MATATELINGA, Medan: Tingkatkankemampuan individu, personil Sat Brimob Polda Sumut gelar latihan SAR di Taman Cadika Kecamatan Medan Johor, Sabtu(6/3/21).


Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh personel Brimob Polri adalah kemampuan SAR Laut. Sesuai dengan arti kata SAR yang berarti Search (Pencarian) dan Rescue (Pertolongan/Penyelamatan), maka dalam kegiatan operasional SAR dibutuhkan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis SAR serta beberapa disiplin ilmu sebagai penunjang/pendukung kegiatan di lapangan.



Dibutuhkan respon atau penanganan sesegera mungkin tanpa melupakan faktor keselamatan diri sendiri. Kemampuan serta keterampilan pertolongan air menjadi hal yang cukup penting untuk di pahami dan dipelajari, khususnya bagi personel Brimob Polda Sumut.


Komandan Satuan Brimob Polda Sumut Kombes Pol Suheru,S.I.K.,M.H. menjelaskan bahwa latihan SAR di perairan ini untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan profesionalitas personel Brimob Polda Sumut.


“Pelatihan ini sebagai cara untuk mensinergikan gerakan pada saat terjadi bencana atau musibah di air dan juga sebagai wujud pembinaan personel dalam membekali kemampuan perorangan maupun satuan dalam mendukung tugas di lapangan serta untuk membentuk mental personel apabila dibutuhkan untuk bergerak di pada saat terjadi bencana banjir dan pencarian korban di perairan,” kata Kombes Suheru.


Kombes Suheru juga mengatakan jika latihan SAR ini sangat membutuhkan kesiapan fisik yang prima dan dilandasi dengan profesionalisme, semangat serta kesungguhan dalam melaksanakan latihan sehingga pelaksanaan latihan dapat dicapai dengan optimal.



“Teknik penyelamatan yang baik tidak hanya mempermudah penolong dalam melakukan penyelamatan, namun juga dapat menjamin keselamatan si penolong itu sendiri,” tutupnya.


Sebelum pelaksanaan pelatihan SAR, selaku instruktur dan penyaji materi, Iptu Budi Setiawan dan Ipda Yudhi Sandy memberikan materi kepada personil tentang cara mengangkat korban di dalam air , menurunkan perahu sampai dengan teknik mendayung di perairan. (mtc/rel)

Penulis
: Amrizal
Editor
: Faeza
Tag:Brimob polda sumut

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.