Berita Sumut

Tingkat Kepatuhan Menurun , Angka Penyebaran Covid 19 di Asahan Meningkat

Faeza
Mtc/ben
Direktur RSUD HAMS Kisaran dr.Edi Iskandar Nainggolan 
MATATELINGA, Asahan: Direktur RSUD Haji Abdul Manan Simatupang Kisaran dr.Edi Iskandar Nainggolan saat perbincangannya bersama matatelinga.com di ruang kerjanya Jum’at 04 Desember 2020 senantasa memberikan himbauan kepada warga masyarakat untuk tetap melakukan kebiasaan hidup bersih dan sehat, serta senantiasa mematuhi protokol kesehatan dengan mengikuti 3 M diantaranya senantiasa mencuci tangan dengan menggunakan sabun anti septick, memakai masker dalam setiap melakukan aktifitas diluar ruangan serta tetap menjaga jarak aman agar terhindar dari penyebaran virus corona.


Direktur RSUD HAMS Kisaran dr.Edi Iskandar Nainggolan pecandu dan penikmat cooffe pekat dikala waktu senggangnya kepada matatelinga.com diruang kerjanya Jum’at 04 Desember 2020 mengatakan saat ini pertumbuhan dan perkembangan penyebaran covid 19 di wilayah kabupaten Asahan sudah cukup lumayan tinggi.


"Dari data yang dihimpun Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan yang disampaikan Tim Gugus Tugas Percepataan Penanganan Covid 19 Kabupaten Asahan yang dihimpun dari tim surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan hingga Kamis 03 Desember 2020 jumlah pasien terkonfirmasi covid 19 telah mencapai 384 orang, dan yang telah meninggal dunia sebanyak 19 orang serta yang masih menjalani perawatan medis sebanyak 96 orang," ujarnya.


Penggemar cooffee pekat ini juga mengatakan dari peningkatan jumlah pasien terkonfirmasi tersebut menandakan tingkat kepatuhan warga masyarakat terhadap protokol kesehatan untuk mematuhi 3 M yang telah dianjurkan Pemerintah tidak dilaksanakan dengan baik, maka dampaknya adalah terjadinya peningkatan jumlah pasien terkonfirmasi covid 19 yang semakin melambung tinggi .


Selain itu data yang ada di RSUD HAMS Kisaran juga terdapat data kasus suspek, pasien covid 19 dan kasus probable di rumah sakit ini, data tersebut diantaranya pasien yang telah dinyatakan positif covid 19 berdasarkan hasil Swab sebanyak lebih dari 15 orang terhitung sampai dengan akhir Nopember 2020 dan terhadapnya juga sudah dilakukan isolasi di RSUD HAMS Kisaran maupun isolasi IGD /PBJ, sementara pasien yang terdampak suspek sebanyak lebih dari 23 orang dan terhadapnya juga sudah dilakukan penanganan medis dengan mengisolasi pasien pada ruang isolasi RSUD HAMS Kisaran maupun isolasi IGD/PAPS.


Dr.Edy Iskandar Nainggolan juga sangat menyayangkan adanya trend masyarakat Asahan yang sudah tidak lagi mematuhi prokes dimaksud, sehingga angka pertambahan covid 19 semakin bertambah banyak, sementara Pemerintah berupaya semaksimal mungkin mengatasi wabah ini dengan mengerahkan seluruh tenaga medis untuk menjadi garda terdepan dalam memerangi serta membantu masyarakat untuk melawan covid 19, namun upaya tersebut akan sia sia tanpa adanya dukungan masyarakat itu sendiri, sementara vaksin untuk sarana bantu kesehatan dalam memerangi virus dimaksud masih belum beredar.


"Namun demikian penggunaan vaksin menurut hemat saya vaksin bukan merupakan satu satunya solusi untuk mencegah penularan virus corona tersebut, paling ampuh untuk melawan covid 19 adalah dengan menerapkan disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan hanya itu metode yang paling efektif," bebernya.


Untuk itu masyarakat juga diminta untuk cerdas dan selektif dalam menerima informasi, sebelum mempercayai dan membagikan informasi tersebut kepada orang lain. "Jadi, kami mohon agar masyarakat betul-betul memahami kondisi pandemi COVID-19, sambil mengubah perilaku, memastikan kita bisa bertahan dan menunggu program vaksinasi, sehingga kita bisa terlindungi dengan berbagai cara.


"Diharapkan kedepan setidaknya diawal tahun baru 2021 mendatang Covid 19 sudah tidak lagi berada di bumi Rambate Rata Raya, agar perekonomian masyarakat segera pulih kembali dan masyarakat dapat hidup tanpa ada rawas was was diburu oleh virus yang mematikan ini,"pungkasnya. (mtc/ben)

Penulis
: benawi
Editor
: Faeza
Tag:AsahanPemkab Asahan

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.