Berita Sumut

Tiga Minggu Sei Dua Hulu Tergenang, Direktur BNPB Turun ke Lokasi Banjir

Faeza
didieks/matatelinga
Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat BNPB Rustiadi didampingi Assisten I dan Kalak BNPB Propinsi Sumut dan Kalak BNPB Kabupaten Asahan saat wawancara dengan matatelinga dilokasi banjir Sei Dua Hulu.

MATATELINGA, Asahan: Sudah tiga minggu lamanya desa Sungai Dua Hulu kecamatan Simpang Empat tergenang luapan air banjir Sungai Asahan. Akibatnya 15 dusun desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat dengan jumlah penduduk lebih dari 6 ribujiwa tidak dapat melakukan aktifitas dan sudah banyak waarga masyarakat yang mulai terserang penyakit kulit dan diare.

Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat BNPB Rustiadi dalam keterangannya saat wawancaranya dengan matatelinga.com di lokasi banjir di dusun 15 Sei Dua Hulu kecamatan Simpang Empat, Mimggu (05/12/2021) mengakibatkan intensitas curah hujan yang sangat tinggi di Asahan.

"Dan air yang menggenangi wilayah tersebut juga tidak dapat mengalir sehingga air yang tidak lancar mengalir dan ditambah intensitas curah hujan yang sangat tinggi menambah tingginya air di 15 dusun di desa Sei Dua Hulu ini,"ujarnya

Lebih lanjut Rustiadi mengatakan kami di jakarta mendapatkan informasi ini dari BNPB Propinsi Sumatera Utara yang disampaikan oleh Kalak BNPB Kabupaten Asahan beberapa waktu lalu.

"Dan saat ini saya di dampingi tim bersama Kalak BNPB Sumatera Utara secara langsung kelokasi banjir untuk melihat kondisi sebenarnya, dan setelah ini kami juga akan ketemu dengan Bupati Asahan untuk melakukan koordinasi dalam penanganan masalah ini," sebutnya.



Kami juga akan melakukan koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai baik yang ada di tingkat Propinsi Sumatera Utara maupun Kementrian yang mebudangi masalah wilayah sungai tersebut, untuk segera mengambil kebijakan dalam penanganan masalah bencana ini, khususnya yang terjadi di wilayah Kabupaten Asahan, dan kami juga segera menyalurkan bantuan dari dana siap pakai untuk warga masyarakat terdampak banjir yang ada di Sei Dua Hulu, dan bantuan tersebut akan kami serahkan secara langsung kepada Bupati Asahan.

Ditempat yang sama Kalak BNPB Kabupaten Asaha Asrul Wahid juga mengatakan warga terdampak banjir di desa Sei Dua Hulu ini terdapat sekitar 6 ribu lebih jiwa, dan kondisi saat ini air juga masih menggenangi di desa ini.

"BNPB Kabupaten Asahan juga telah mendirikan sedikitnya sekitar 19 tendapengungsi maupun tenda Posko Kedaruratan berikut dengan fasitas penyediaan air bersih di desa ini, selain itu Pemerintah kabupaten Asahan juga telah membuka layanan kesehatan bagi warga masyarakat terdampak banjir hingga saat ini, serta bantuan sembako kepada warga terdampak,"pungkasnya. (mtc/dieks

Penulis
: didieks
Editor
: ism
Tag: Direktur BNPB Turun ke Lokasi Banjir .Tiga Minggu Sei Dua Hulu TergenangBanjir Asahan

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.