Berita Sumut

Terjaring Operasi Yustisi, Pelanggar Prokes di Tebingtinggi Kena Hukuman Push Up

Faeza
Mtc/ist
Terlihat warga yang kedapatan melanggar prokes saat digelarnya oprasi Yustisi, terpaksa harus menerima hukuman berupa push up, menyanyikan indonesia raya sampai menyanyikan lagu anak, Balonku ada
MATATELINGA, Tebingtinggi: Kembali tim 3 pilar yang terdiri dari personel Polsek Padang Hilir, Koramil 13 Tebing Tinggi bersama Lurah Kelurahan Satria dan Tambangan serta Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tebing Tinggi menggelar operasi yustisi Protokoler Kesehatan (Prokes) di wilayah Kecamatan Padang Hilir, dimana warga kedapatan melanggar kena hukuman push up.


Operasi Yustisi Prokes kali ini digelar di depan Kantor Camat Padang Hilir Jalan Syeh Baringin Sei segiling Kota Tebing Tinggi, Selasa pagi (24/11).


Dalam oprasi tersebut, terlihat banyak warga pelanggar prokes yang kedapatan dalam oprasi Yustisi tersebut, dan mereka yang yang melanggar dikenakan sanksi dari mulai saksi administrasi hingga sanksi tindakan.


Pantauan langsung kru MTC di lapangan, terlihat warga yang tidak menggunakan masker di jatuhi sanksi mulai dari tertulis serta sanksi sosial seperti, membersihkan lingkungan di sekitar lokasi dengan cara mengutip sampah, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan lagu anak-anak seperti lagu Balonku ada lima dan potong bebek angsa, warga juga diwajibkan dan menghafal teks Pancasila dan hukuman fisik berupa Push Up sebanyak 10 kali, khusus untuk laki-laki.



Kapolsek Padang Hilir AKP Pahotan Manurung, SH saat ditemui seusai pelaksanaan oprasi Yustisi, mengatakan kalau operasi yustisi bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan penegakkan hukum protokoler kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.


“Dengan operasi yustisi yang dilaksanakan pada hari ini, setidak nya untuk mengingatkan warga masyarakat agar penting nya protokoler kesehatan, hal ini agar kita dapat mengurangi dan menghentikan warga yang menjadi korban virus covid-19 ini,” jelas Kapolsek.


Dijelaskan Kapolsek juga, sambil mengatakan, “Selain itu kita terus berupaya agar di daerah kita ini menjadi zona hijau, dan mudah mudahan saja vaksin yang di kabarkan bulan Desember ini benar-benar datang, dan di Kecamatan Padang Hilir kita sudah menyimpan nama-nama yang akan di berikan vaksin virus tersebut, yang jelas kita akan terus melakukan secara optimal untuk pelayanan kepada masyarakat,” Ucap nya.


Di singgung mengenai hukuman dan sanksi sosial bagi warga yang melanggar Prokes Kapolsek mengatakan, kiranya dengan sanksi yang diberikan bisa menjadi efek jera bagi para pelanggar sehingga mampu meningkatkan kesadaran dan kepatuhan dalam menjalankan protokol kesehatan.



Dalam Kegiatan Operasi Yustisi, tidak bosan-bosannya personil tiga pilar menghimbau masyarakat agar mematuhi selalu prinsip 3vM, Seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Dan warga yang tidak mengenakan masker juga diberikan masker.


“Kiranya dengan dilakukannya operasi ini dapat menyadarkan masyarakat agar selalu disiplin mematuhi protap kesehatan,” tandas AKP Pahotan Manurung.(mtc/bas)

Penulis
: agus sabono
Editor
: Faeza
Tag:polres tebingtinggitebingtinggioperasi yustisi

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.