Berita Sumut

Tahun Ini Pemko Bangun Kolam Retensi di USU dan Medan Selayang

rizky
Kominfo Medan
Kepala Dinas SDABMBK, Topan Obaja Putra Ginting
MATATELINGA, Medan : Setelah pembangunan di Medan Labuhan yang saat ini telah memasuki pekerjaan Tahap II, tahun ini Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Kontruksi (SDABMBK) Kota juga membangun dua kolam retensi di kampus Universitas Sumatera Utara (USU) dan Jalan Harmonika Baru, Medan Selayang. Hal tersebut sejalan dengan salah satu program prioritas Wali Kota Bobby Nasution yaitu penanganan banjir.



"Kolam retensi dapat menyelesaikan masalah banjir di kawasan sekitar lokasi," ujar Kepala Dinas SDABMBK, Topan Obaja Putra Ginting, kemarin di Medan.


Topan menyebutkan, sumber dana pembangunan dua kolam retensi ini adalah APBD Kota Medan. "Untuk pembangunan di USU berbiaya kurang lebih 20 miliar rupiah, sedangkan di Medan Selayang kurang lebih 30 miliar rupiah, sebutnya.


Baca Juga:Terkait Penembakan Mantan Anggota DPRD Langkat Polisi Periksa 8 Saksi

Topan mengatakan, pilihan lokasi pembangunan tentunya melalui pertimbangan yang matang. Salah satu yang pasti, di sekitar lokasi pembangunan kolam retensi dilalui sungai atau saluran primer. Air yang berasal dari saluran sekunder dan tersier akan masuk dan berkumpul di saluran primer.


"Selama ini, saat hujan berkepanjangan, Sungai Selayang selalu meluap karena bertemu dengan Sungai Sikambing di Simpang Titi Bobrok. Untuk itu kita tahan dulu airnya di kolam retensi, sampai debit air normal kembali, baru kita alirkan secara perlahan," terangnya.



Sesuai dengan perencanaan Bappeda Medan, lanjutnya, Kota Medan memang membutuhkan kolam retensi.


Disebutkannya pula, pembangunan membuat daerah resapan air berkurang. Karena itulah kita membutuhkan tempat penyimpanan air sementara, yakni kolam retensi.


Penulis
: Fajar
Editor
: Rizky
Tag:Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina KontruksiMatatelingaMedan LabuhanSDABMBKTerkinikolam retensi

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.