Berita Sumut

Setelah Berdebat Beberapa Jam , Akhirnya Objek Wisata Lau Kawar dan Air Panas Dikelola Pemda

putra
Matatelinga.com
Rapat di Kantor Bupati Karo 

MATATELINGA, Karo : Untuk menjadikan tempat wisata aman dikunjungi oleh masyarakat khususnya objek Wisata Danau Lau Kawar dan Air Panas Semangat Gunung , Forkopimda Kabupaten Karo gelar rapat di Aula Kantor Bupati pada hari Rabu 21/09/2022.

Dalam sambutan Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar SH SIK MH menyampaikan," Tegakkan Perda sesuai aturan , ciptakan rasa aman, nyaman dan tertib bagi para pengunjung , putusan pengadilan mengenai status tanah sekitar Danau Lau Kawar dikesampingkan terlebih dahulu karena Kawasan Pariwisata tidak ada kaitannya dengan status kepemilikan tanah yang dimiliki oleh masyarakat Desa ," ucap Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar.

Sementara Dandim 0205/TK Letkol Inf Benny Angga mengatakan ," mengingat status Gunung Sinabung masih level II (Waspada) dan masih berpotensi terhadap ancaman , Apabila Objek Wisata sudah dibuka, petugas harus bisa mengendalikan pengunjung dan harus ada SOP pengamanan , Sarana Prasarana baik kendaraan angkut dan sirine harus disiapkan dan pertebal atau ditingkatkan sistem keamanan dengan SOP berubah ubah ," tegas Dandim Letkol Inf Benny Angga .

Di tempat yang sama , Kepala Pusat Vulkanologi Gunung Sinabung Armen Putra mengatakan dalam kesempatan tersebut,"

Rekomendasi dari BVMKG tetap menghindari zona merah dan Erupsi explosif sewaktu waktu bisa terjadi karena Gunung Sinabung masih aktif dimana Danau Lau Kawar msh berada dalam Radius 3 kilometer," ucap Armen Putra .

Dan hasil rapat sementara ," Pemda Karo akan mengelola kembali Objek Wisata Danau Lau Kawar dan Pemandian air panas Doulu melalui Dinas Pariwisata

, Sarana dan Prasarana terutama Jalan, lampu penerangan akan dibenahi secara bertahap

Pengutipan Restribusi untuk sementara akan dilakukan secara manual, akan tetapi untuk kedepannya akan memakai sistem elektronik dengan memperdayakan pos pos yang ada , Pemda dan Stakholder lainnya akan bekerja sama dan akan tetap memperhatikan desa desa sekitar Objek Wisata dengan cara pembangunan ekonomi Kreatif dan solusi lainnya .

Adapun yang hadir dalam rapat tersebut ,"

Bupati Karo Ibu Corry S Sebayang , Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting , Dandim 0205/TK Letkol Inf Benny Angga Ambar Suoro , Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K , Kasi Intel Kejari Karo Nardo Sitepu, S.H , Kepala BVMKG Karo Armen Putra , Camat Namanteran Amsyah Perangin angin , Camat Merdeka Binaria Surbakti , Danramil 04/SE Kapten Czi M. Tarigan , Para OPD Kabupaten Karo , Kades Semangat Gunung Muhammad Ahyar Ginting , Kades Doulu Emil Justin Ginting , Kades Sukanalu Tossa Sitepu , Kades Kuta Gugung Paskah Andreas Ginting dan Para BPD Desa sekitar Objek Wisata Danau Lau Kawar dan Doulu.( Surbakti )

Penulis
: Surbakti
Editor
: Putra
Tag:Air PanasDikelola Pemda karolau kawarobjek wisataSetelah Berdebat

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.