Berita Sumut

Selain Sibolangit, Pancurbatu dan Kutalimbaru Diterpa Bencana Alam

Faeza
mtc/edy
Selain di Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara, bencana alam juga menerpa Kec. Pancurbatu dan Kec. Kutalimbaru. Namun, bencana tersebut tidak se
MATATELINGA, Kutalimbaru: Selain di Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara, bencana alam juga menerpa Kec. Pancurbatu dan Kec. Kutalimbaru. Namun, bencana tersebut tidak sempat menelan korban jiwa. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.


Pantauan Matatelinga.com di jembatan Sei Belawan, yang menghubungkan Kec. Pancurbatu dan Kutalimbaru pada, Kamis (3/12/2020) malam mengalami longsor disisi jembatan. Longsor diperkirakan mencapai kedalaman 30 meter dengan diameter 50 meter. Kondisi itu di sebab kan oleh banjir bandang yang mencapai ketinggian sekitar 10 meter dari dasar sungai.


Kondisi itu membuat warga yang hendak melintas di jembatan tersebut terpaksa dialog kan menuju Jl Tanjung Anom-Ladang Bambu, Kec. Medan Tuntungan dan sebaliknya nya. Kondisi itu juga membuat sejumlah petugas Basarnas Sumut dan Tim Sar Polrestabes Medan terjun ke lapangan dengan menggunakan perahu karet untuk mengevaluasi warga yang terjebak air di lantai dua rumah mereka yang letak nya tidak jauh dari banjir bandang tersebut.



Dari pantauan dilapangan, jembatan tersebut sudah terpasang sejumlah kepingan papan agar warga sekitar dapat beraktifitas walau tidak berjalan seperti biasa.


Sementara itu, hujan yang datang sangat lebat dan berjam - jam tersebut mengakibatkan sejumlah warga digenangi air, salah satu nya perumahan Flamboyan Raya yang berlokasi di Kec. Medan Tuntungan. Warga terlihat subur menyelamatkan barang berharga milik mereka. Dimana menurut warga, air secara mendadak naik dengan debit yang sangat deras.


Dari data yang diperoleh Matatelinga, korban yang tewas tertimpa longsor dikawasan Sibolangit merupakan kernet truk colt diesel Nopol BL 8765 AI yang belum teridentifitasi identitasnya. Sedangkan sopir truk berhasil selamat karena berhasil menyelamatkan diri. Dari data tersebut truk tersebut datang dari arah Tabah Karo menuju arah Medan dengan bermuatan sayur mayur yang hendak dibawa ke kawasan Aceh. Korban tewas terjepit sih on delay akibat truk tertimpa pepohonan dan tanah.



Desa Suka Makmur Kutalimbaru Dilanda Tanah Longsor


Dampak intensitas curah hujan di pegunungan mengakibatksn terjadi bencana alam, banjir, tanah longsor dan pohon tumbang. Salah satu nya berdampak ke Desa Suka Makmur, Desa Suka Rende, Desa Kutalimbaru, Desa Perpanden yang berada di Kec. Kutalimbaru, Deli Serdang. Beruntung tidak sempat menelan korban jiwa.


Supardi Surbakti salah satu tokoh masyarakat Kutalimbaru mengatakan bahwa curah hujan lebat terjadi sejak Kamis (3/12/2020) sekitar pukul 16.00 hingga Jumat (4/12/2020) hingga dinihari nya.


Dijelaskan Surbakti, kondisi itu

mengakibatkan bencana tanah longsor yang menimbun badan jalan pertokol Desa Suka Makmur Dusun X Tanduk Benua yang akses jalan tersebut menghubungkan Desa Bandar Baru, Kec. Sibolangit. Sedangkan di Dusun IX Lau Beringin badan jalan tertibun tanah longsor sehingga akses jalan tertutup.


Kepala Desa Suka Makmur,Marhen Tarigan dan Perangkat, tokoh masyarakat mengajak warga masyarakat tanggap langsung bergotong royong. Sasaran gotong royong di arahkan oleh Kepala Desa Marhen Tarigan dan Kepala Dusun X dan Kepala Dusun IX Desa Suka Makmur dan didukung oleh Babinsa Desa Suka Makmur Sertu Poniman,FKDM Kec. Kutalimbaru, karena akses jalan tertutup diimbau pada masyarakat untuk menunda berpergian ke luar dari desa itu terlebih-lebih kondidi cuaca ekstrim

rawan hujan.

Ada pun dusun yang terdampak bencana alsm adalah Dusun IV Bandar Kuala Desa Suka Makmur di mana kondisi jalan Dusun tersebut tertibun tanah longsor,seluruh warga masyarakat tanggap dan bergotong royong mengevakuasi tanah s3cara manual memperbaiki tujuan mereka agar pejalan kaki dan kenderaan diupayakan dapat melintas dengan aman. Kemudian jalan dari Dusun VI ke Dusun VII juga jalan tertimbun tanah.


Untuk Desa Kutalimbaru banjir bandang melanda fasilitas obyek wisata Pantai Babarsari dan Pantai Aloina sehingga rusak,korban jiwz tidak ditemukan. Di Desa Suka Rende fasilitas jembatan di Dusun Namo Bintang bagian pundasi jembatan terkikis air bandang,sehingga sangat rawan untuk di lintasi kenderaan. Di Desa Perpanden kondisi badan

jalan Dusun tertimbun longsor.


Pemerintahan Desa dan Muspika Kecamatan Kutalimbaru langsung Tanggap dan turun ke lokadi untuk mengarahkan masyarakat bergotong royong memperbaiki jalan tertimbun longsor secara manual.


Bahwa daerah,desa,dusun yang terdampak bencana alsm di Kecamatan Kutalambaru antara lain Dusun X Tanduk Benua, Dusun IV Bandar Kuala, pantai Babarsari, Dusun IX Lau Beringin, pantai Wisata Aloina, jalan Dsn VI Lau Kuranda, Jembatan Desa Suka Rende dusun Namo bintang, jalan dusun desa Perpanden, saat berita ini dikirim Muspika,Kepalz Desa sedang membiba masyarakat bergotongroyong,walau vuaca sangat mendung berat.(mtc/edi).



Penulis
: Edy Ginting
Editor
: Faeza

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.