Berita Sumut

Polisi Tetapkan 24 Tersangka Ricuh DPRD Sumut, 195 Orang Sudah Dipulangkan

Faeza
Mtc/ist
Kepala Bidang Humas Polda Sumut Komisaris Besar Tatan Dirsan Atmaja
MATATELINGA, Medan: Polda Sumatra Utara menetapkan 24 orang demonstran aksi ricuh di DPRD Sumut sebagai tersangka.Mereka saat ini menjalani penahanan di mapolda Sumut.


Para tersangka ini berasal dari243 massa yang diamankan usai terlibat unjuk rasa penolakan Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja (Ciptaker) di Kantor DPRD, Kamis 8 Oktober 2020. Sedangkan sisanya195 orang dilepaskan, 3 orang rehabilitasi narkoba.






Kepala Bidang Humas Polda Sumut Komisaris Besar Tatan Dirsan Atmaja menjelaskan, pihaknya sudah melepaskan 195 orang tersangka. Ditambah 3 orang yang dinyatakan positif narkoba setelah menjalani tes urine.


“Untuk yang tiga orang menjalani rehabilitasi narkoba karena sebagai pengguna,” ujar Tatan Jumat (9/10/2020) malam.


Polda Sumut juga menyerahkan 21 orang kepada Satuan Tugas COVID-19 Sumut. Mereka dinyatakan reaktif COVID-19 melalu uji cepat dan harus menjalani isolasi.


Unjuk rasa yang diwarnai gelombang kericuhan kemarin, diikuti oleh banyak elemen. Mulai dari aliansi kampus hingga organisasi lintas sektor.Kata Tatan, para tersangka uang ditangkap juga berasal dari beberapa sektor.





“Ada kelompok genk motor, mahasiswa, ada pelajar termasuk buruh,” ujarnya.


Tatan juga merinci soal pasal yang menjerat para tersangka. Mereka dijerat dengan pasal 406, 170, 212, 214, 216 dan 218 KUHPidana.Pihaknya juga terus melakukan penyelidikan terhadap kasus kericuhan pada 8 Oktober 2020.


“Untuk saat ini (tersangka baru) belum. Kita akan rilis kalau ada tersangka baru,” pungkasnya. (mtc/fae)

Penulis
: Ismail
Editor
: Faeza
Tag:berita terkiniPolda sumutPoldasuTerkinidemo UU Ciptakerpulangkan pendemoratusan pendemo ditangkapTerkini

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.