Berita Sumut

Pemprov Sumut Distribusikan 34.060 Vial Vaksin Covid-19 untuk 3 Kabupaten/Kota

Faeza
Mtc/ist
Pemerintah Sumatera Utara mulai mendistribusikan sebanyak 34.060 vial vaksin Covid-19 ke tiga kabupaten kota, Rabu (13/1). Ketiga daerah tersebut adalah Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang.&
MATATELINGA, Medan: Pemerintah Sumatera Utara mulai mendistribusikan sebanyak 34.060 vial vaksin Covid-19 ke tiga kabupaten kota, Rabu (13/1). Ketiga daerah tersebut adalah Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang.


Kepala Seksi Kefarmasian Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Sumut, Nelly Murni mengatakan, 34.060 vial itu didistribusikan ke Deli Serdang sebanyak 9.060 vial, Kota Binjai 5000 vial dan Kota Medan sebanyak 20.000 vial.


"Selain vaksin juga kita distribusikan perbekalan di dalam pelaksanaan vaksin. Terdiri dari ADS, alcohol swab dan safety box. Alhamdulillah sampai hari ini yang sudah direncanakan sudah berjalan dengan lancar," katanya.


Sementara itu untuk kabupaten/kota lainnya, pihaknya masih menunggu koordinasi dengan Viofarma untuk kedatangan vaksin tahap 2.


"Kita tunggu koordinasi dengan Biofarma untuk kedatangan vaksin tahap 2, nantinya akan didistribusikan kepada kabupaten/kota lainnya," ucap Nelly.



Sementara itu Kabid P2P Dinkes Kota Medan, Muthia Nimpharmengatakan vaksin tahap awal akan diberikan kepada 10.000 tenaga kesehatan yang ada di Kota Medan. Di mana, untuk satu orang akan menerima dua kali suntikan vaksin.


"Satu orang nakes dapat dua vial dan semua tenaga kesehatan akan kami utamakan untuk di vaksin," ucapnya.


Muthia menambahkan, vaksinasi ini nantinya akan dilakukan untuk jajaran di Dinas Kesehatan Kota Medan, dan juga tenaga kesehatan yang ada di Medan termasuk tenaga kesehatan di rumah sakit yang sudah mendaftarkan anggotanya untuk divaksin.


"Untuk sementara masih cukup ya. Kalau kurang kan masih pendataan belum semua terakomodir," tambahnya.


Sebelumnya,Kadiskes Sumut Alwi Mujahit mengatakan Pemprov Sumut telah mendaftarkan SDMK-nya untuk vaksinasi. Sedangkan untuk pejabat dan tokoh dalam waktu dua hari ke depan pihaknya akan memeriksa dan memastikan langsung kesiapannya.


"Nama-namanya sudah ada, dan yang sudah pasti itu Pak Gubernur dan juga saya. Untuk pejabat dan tokoh yang lain akan kita pastikan sebelum tanggal 14 Januari. Sedangkan untuk tenaga vaksinator kita sudah menyiapkan 1500 orang (dokter, perawat dan bidan) dan akan terus bertambah," kata Alwi.


Sedangkan Termin II, Alwi menjelaskan akan dilaksanakan pada bulan Februari untuk 30 kabupaten/kota di Sumut. "Tenaga kesehatan kita ada 69.614 orang, mereka semua tentu akan divaksin, inshaa Allah selesai di termin II," pungkas Alwi. (mtc/fae)


Penulis
: Faeza
Editor
: Faeza
Tag:MedanPemko MedanVaksinasi

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.