Berita Sumut

Pemko Medan Raih Penghargaan APE 2020

rizky
Kominfo Medan
Penghargaan APE Tahun 2020 secara virtual di Ruang Kerja Sekda, Rabu (13/10/2021)


Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Bintang Puspayoga menyampaikan, pembangunan yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh unsur masyarakat. Namun seringkali yang terjadi adalah bahwa pembangunan tersebut belum dirasakan secara setara oleh kaum perempuan. Penyebannya antara lain karena kebijakan program dan kegiatan pembangunan belum sepenuhnya memperhatikan adanya perbedaan kebutuhan pengalaman dan kondisi lainnya yang ada dalam masyarakat, baik yang bersifat kodrati maupun hasil konstruksi sosial yang terjadi.


"Melalui Instruksi Presiden (Inpres) No 9/2000 tentang PuG Dalam Pembangunan Nasional Implementasi, Strategi PuG dalam kebijakan, program dan kegiatan di dalam kementerian, lembaga dan pemerintah daerah mulai dilaksanakan. Implementasi PuG dalam pembangunan ini diharapkan akan memperkecil kesenjangan gender yang terjadi di masyarakat. Upaya menuju kesetaraan gender adalah strategi yang seharusnya melandasi pembangunan di negeri ini dengan memberdayakan semua masyarakat, baik perempuan maupun laki-laki agar dapat keluar dari kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup mereka," kata Bintang.


Dikatakan Bintang, pemantauan dan evaluasi terhadap strategi PuG di kementerian, lembaga dan pemerintah daerah sendiri dilakukan dengan menggunakan indikator-indikator yang dapat mengukur pelaksanaan PuG dengan melihat aspek kelembagaan dan implementasi dari 7 prasyarat PuG dan sebagai bentuk apresiasi bagi kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang dianggap berhasil dalam mengimplementasikan PuG di dalam program dan kegiatannya.

Penulis
: Amrizal
Editor
: Rizky
Tag:Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020Anugerah Parahita Ekapraya APE Tahun 2020MatatelingaPemko Medan Raih Penghargaan APE 2020Terkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.