Berita Sumut

Pemkab Toba Gelar Pelatihan Teknis Produksi Tenun Gedogan

putra
Matatelinga.com
Acara Pelatihan Teknis Produksi dan atau Standarisasi Produksi Tenun Gedogan  di Ruang Pertemuan ,Grand Hotel Mareda,Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Rabu (28/9/2022).

"Setelah kawasan Danau Toba ditetapkan menjadi salah satu destinasi pariwisata dan hasil produksi kerajinan ini dapat kita jual kepada para wisatawan yang sekaligus dapat menambah minat mereka untuk berkunjung ke daerah kita ini,"katanya.

Pada bagian akhir sambutannya disampaikan ucapan terima kasih kepada instruktur yang sudah bersedia berbagi ilmu dan keterampilan kepada penenun di Kabupaten Toba.

Sebelumnya,Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Toba,Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Toba , Poltak Sitorus atas dukungan dan bantuannya melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Toba.

Menurut Rita Marlina bahwa pelaku industri kain tenun ini sebagian besar adalah wanita yang bekerja di rumah-rumah mereka secara paruh waktu. Kerajinan tenun ulos juga merupakan warisan budaya yang sudah turun-temurun dari nenek moyang.

"Ulos selain dijadikan sebagai pakaian, sering dijadikan hadiah seremonial karena kain ini menimbulkan status suku Batak.Ulos inilah yang kemudian identik dengan pakaian adat suku Batak bahkan kain ulos menjadi identitas atau bagian dari suku Batak. Tidak heran banyak wisatawan yang ingin mengetahui prosesnya bahkan ingin memilikinya baik sebagai kenang-kenangan maupun oleh-oleh untuk teman dan sanak saudara,"katanya.

Ditambahkannya program pengembangan dan peningkatan produksi kain tenun melalui pembinaan dan pelatihan akan tetap dilakukan baik kepada para penenun pemula agar mampu bertenun maupun kepada yang sudah profesional untuk meningkatkan desain dan motif ,serta agar mampu berinovasi dalam berkreasi dan berkarya.Salah satunya dengan kegiatan yang sekarang dilaksanakan.

"Maka dengan ini kami dari Dekranasda bekerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah akan tetap berupaya melakukan penyebaran penumbuhan penenun baru di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Toba," katanya menambahkan.

Hal ini akan mendukung Kabupaten Toba sebagai salah satu daerah tujuan wisata sehingga para wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Toba diharapkan akan dapat membawa oleh-oleh khas Toba yang merupakan karya asli para putra-putri Toba yang sarat dengan nuansa budaya khas kabupaten Toba.

Ia pun berterima kasih kepada instruktur dan berharap para peserta pelatihan antusias untuk mengikuti pelatihan agar dapat mengerti teknik mengikat benang dan pembuatan motif baru.

Sebagai instruktur diantaranya penenun ulos asal Kabupaten Tapanuli Utara,Erisson Siregar . Instruktur ini pada awal pelatihan menyampaikan kepada peserta yang semuanya berasal dari Desa Desa Sigaol Barat, Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba bahwa salah satu teknik menenun jangan putus motif ulosnya.

Pelatihan Angkatan I bersumber DAK Tahun Anggaran 2022 ini akan berlangsung sejak 28 September-1 Oktober 2022. Para peserta selain kaum ibu, ada 4 orang kaum bapak.

Turut hadir Plt.Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Toba, Salomo Simanjuntak dan jajarannya;Kepala Desa Sigaol Barat, Hotman P.Butarbutar ; Kabid PIKP Dinas Kominfo Toba, Rikardo Simamora,dan lainnya. (Kos/Mtc)

"

Penulis
: Kos
Editor
: Putra
Tag:Gelar Pelatihan Teknispemkab tobaProduksi Tenun Gedogankominfo toba

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.