Berita Sumut

Pemkab Toba Gelar Pelatihan Teknis Produksi Tenun Gedogan

putra
Matatelinga.com
Acara Pelatihan Teknis Produksi dan atau Standarisasi Produksi Tenun Gedogan  di Ruang Pertemuan ,Grand Hotel Mareda,Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Rabu (28/9/2022).

MATATELINGA, Toba : Para perajin tenun di Kabupaten Toba diharapkan agar terus meningkatkan keterampilannya berproduksi agar dapat bersaing dengan produksi daerah yang lain. Demikian kata sambutan Bupati Toba yang disampaikan Staf ahli Bupati Bidang Pendidikan, Kesehatan, Insfratruktur dan Pemberdayaan Masyarakat,Darwin Perhimpunan Sianipar, S.Pt, M.Si, Sambutan Bupati Toba pada acara Pelatihan Teknis Produksi dan atau Standarisasi Produksi Tenun Gedogan di Ruang Pertemuan ,Grand Hotel Mareda,Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Rabu (28/9/2022).

"Saya berharap dengan pelatihan ini dapat meningkatkan wawasan dan terobosan dalam produk kerajinan daerah dan menguatkan branding Kabupaten Toba di mana salah satu produk unggulan Kabupaten Toba adalah tenun,"katanya di hadapan peserta pelatihan 25 perajin tenun Kabupaten Toba.

Diharapkan juga agar peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan yang ini dengan sungguh-sungguh sehingga melalui pelatihan ini bisa meningkatkan penghasilan.

Dipaparkan bahwa pada masa pandemi tahun 2020 - 2021 usaha mikro kecil menengah (UMKM) terbukti tahan resesi, kalaupun tidak bisa bertumbuh tetapi mampu bertahan berhasil menjadi payung bagi Indonesia menghadapi badai ekonomi pada saat ini.

Selanjutnya bahwa persaingan pasar industri kerajinan tenun sudah semakin ketat karena jumlah perajin dan produk hasil setiap tahunnya bertambah.Oleh sebab itu diperlukan pengembangan produk yang berdaya saing dan dapat diterima sesuai dengan permintaan dan selera pasar antara lain kualitas kerapian hasil kerajinan, motif dan corak baru dengan mempertahankan kearifan lokal dan budaya serta penganekaragaman jenis produk seperti sarung, selendang, bakal baju dan lain-lain dan tidak hanya memproduksi untuk kebutuhan adat saja.

Selain itu salah satu peluang pasar yang sangat besar dan jangan kita sia-siakan adalah wisatawan yang sudah mulai banyak berkunjung ke daerah kabupaten Toba .

Penulis
: Kos
Editor
: Putra
Tag:Gelar Pelatihan Teknispemkab tobaProduksi Tenun Gedogankominfo toba

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.