Berita Sumut

Pemberian Tali Asih PT. SMGP Tidak Sesuai Rekomendasi DPR RI, Korban Keracunan Gas Akan Tempuh Jalur Hukum

putra
Matatelinga.com
Amir Mahmud, SH

MATATELINGA, Mandailing Natal : Masyarakat Desa Sibanggor Julu Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara tolak tali asih yang disampaikan PT.Sorik Marapi Geothormal Power bagi para keluarga korban yang meninggal dunia dan kepada para korban gas beracun panas bumi, demikian dikatakan Amir Mahmud, SH yang dimintai keterangannya oleh Awak media pada Sabtu (24/9/2022) melalui ponsel genggamnya.


Masih kata Amir Mahmud, SH, tali kasih itu bukan merupakan pengajuan dari masyarakat agar diberikan oleh PT.SMGP dan melainkan hasil kesepakatan yang dilangsungkan pada 16 September 2022 lalu di Kantor Bupati Madina antara Pemkab Madina dengan PT.SMGP, karena kita menilai pemberian segitu bukan merupakan solusi bagi masyarakat”, katanya.



“Kesepakatan Pemkab Madina dan PT.SMGP dinilai tidak manusiawi dan tidak sesuai dengan Rekomendasi Komisi VII DPR RI, demikian dikatakan penerima kuasa dari masyarakat Desa Sibanggor Julu sebagai korban semburan gas beracun dari PT SMGP itu.






“Para korban menolak tali asih tersebut dan memilih menempuh jalur hukum kata Amir Mahmud, SH sembari mengatakan, “kita sudah menerima kuasa dari beberapa warga korban gas beracun”, sebutnya.



“Segala pembicaraan tentang tali asih yang menyangkut klien kami yang tidak di-ikutkannya pertemuan untuk diminta contoh penyimpangan yang terjadi pada proyek gas bumi.Tidak seorang pun boleh campur tangan urusan perdata orang lain tanpa izin yang bersangkutan,” jelas pengacara kondang itu.



Amir Mahmud, SH menegaskan, ” permintaan kliennya adalah meminta kompensasi atau ganti rugi sebagaimana rekomendasi Komisi VII DPR RI yang menyebut dengan besaran 500 juta rupiah dan ganti rugi untung tanah, bukan secuil tali asih”, tukasnya.




Penulis
: Asril
Editor
: Putra
Tag:Smgpamir mahmudGas Beracunmadina

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.