Berita Sumut

Musyawarah IKA FH USU Tahun 2022, Konsolidasi dan Peran Alumni dalam Mengembangkan Fakultas Hukum USU

rizky
Anugrah/matatelinga.com
Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Hukum (FH) Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan Musyawarah Tahun 2022, Sabtu (28/05/2022) 

MATATELINGA. Medan - Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Hukum (FH) Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan Musyawarah Tahun 2022, yang diselenggarakan di Gedung Peradilan Sumut Fakultas USU (Universitas Sumatra Utara) jalan Universitas No. 4 Sabtu (28/05/2022) sekira pukul 09:30 Wib. Kegiatan ini merupakan sarana Konsolidasi dan Peran Alumni dalam Mengembangkan Fakultas Hukum USU.



Hadir dalam kegiatan Musyawarah IKA FH USU tersebut, Bapak Dekan Mahmud Siregar, Ketua PP IKA USU, diwakili M Syahril Efendi, Ketua IKA FH USU, Prof Hasim Purba, Sekretaris H Marasimin Ritonga, SH dan Bendahara Prof Rosmita Sembiring SH, MHum.


Organ tertinggi Musyawarah 3 kali sejak 2000, kegiatan ini mengusung tema : 'Melalui Musyawarah IKA FH USU, kita Tingkatkan Konsolidasi dan Peran Alumni dalam Mengembangkan Fakultas Hukum USU' dengan Moto : Alumni Bersatu, Fakultas Hukum USU Maju.


Baca Juga:Musa Rajekshah dan Achmad Daniel Chardin Ikuti Bukit Lawang Jungle Trail Run Kelas 11 K

Dalam laporannya, Ketua Panitia Ahmad J Damanik mengatakan bahwa bersama sdr Sanri Nasution selaku Sekretaris dan Bendahara Panitia mempersiapkan segala sesuatunya dalam waktu singkat, pihaknya telah membuka pendaftaran sejak awal dan menurut catatan kita sebelum pelaksanaan kegiatan Musyawarah IKA FH USU ini sudah ratusan alumni yang mendaftar sebagai peserta.


Selanjutnya dalam Pemaparannya, Ketua IKA FH USU prof Hasim Purba yang merupakan alumni FH USU tahun 1985 yang menjabat sebagai ketua umum sejak tahun 2018 sampai dengan Februari 2022, menyampaikan saat ini masih dalam Suasana bulan Syawal, oleh karena itu saya menghaturkan Minal Aidzin Walfaizin. Atas nama alumni FH USU dalam kesempatan ini turut berdukacita atas berpulangnya Ketua PPIKA 2010- 2015 Dr Mayasa Johan' beberapa hari yang lalu.



Ditambahkannya, bahwa Kepengurusan IKA FH USU ini sebenarnya sudah berakhir 26 Maret 2022, namun dalam perkembangannya dan sesuai rapat pleno menyatakan Tetap sah sampai selesai menyiapkan musyawarah sampai akhir Mei 2022 dan selanjutnya pada Munas Juni 2022 diadakan pelantikannya.


Disampaikannya pula, mengingat bahwa gedung Peradilan semu fakultas Hukum USU ini sudah lama tidak dibuka, maka untuk mengembalikan fungsinya maka Kita memutuskan untuk mengadakan acara musyawarah disini," tuturnya.


"Baru selesai melakukan komunikasi dengan Rektor USU dan pesannya kepada seluruh alumni untuk selalu mendukung seniornya Dimanapun Berada. Sesuai petunjuk beliau bahwa Revisi Statuta alumni kita akan dilakukan ke sekretariat negara RI, meningkatkan peran alumni memajukan hubungan harmonis dengan Fakultas Hukum," Pungkasnya.


Dalam sambutannya, Dekan fakultas Hukum mengatakan bahwa saat ini Kami dijajaran fakultas Hukum USU berkomunikasi dan berkerjasama beserta seluruh Pimpinan USU Sedang mempersiapkan pesawat membawa penumpang (mahasiswa) ke langit menggapai Bintang.



"Untuk tahun 2022 ini, FH USU mengirimkan 3 orang kedalam program pendidikan ISMA ke Universitas Luar Negeri yang dibiayai oleh Pemerintah, ini yang terbanyak karena tahun lalu hanya 1 orang saja. Mengenai program Merdeka Belajar dari menteri Pendidikan, saat ini kita mengupayakan agar 20 s/d 40 SKS dengan metode Magang atau studi belajar sambil berkegiatan diluar sekolah Kampus," ucapnya.



Ditambahkannya lagi bahwa "30% Dosen Profesi akan kita jadwal mengajar di fakultas kita seperti profesi Kurator dll, sebagai staf pengajar tidak tetap. Menurut asesmen Simaco bahwa tulisan riset dosen mencapai posisi 8 nasional diharapkan agar menjadi disertasi oleh mahasiswa kita, saat ini peringkat dunia mencapai posisi 560 sementara UI, UGM, UNAIR dukungan peran alumni nya posisi 100. Kedepannya diupayakan sesuai syarat, Fakultas Hukum harus punya S1 nya standar Sertifikasi Internasional. Kedepannya, IKA FH semoga bersinergi dengan USU untuk memajukan universitas kedepannya," tungkasnya.


Ketua PP IKA USU, diwakili Dr Syahril Efendi SSi, MIT mengatakan bahwa "Sebenarnya Sebelumnya untuk mewakili Ketua PP IKA Raden Safiii (Romo) yaitu bapak Iksan selaku Sekretaris Umum yang hadir sekaligus membuka Musyawarah IKA FH USU ini, namun berhalangan hadir dikarenakan bapak Ikhsan mengalami kecelakaan, sehingga saya ditugaskan secara Resmi mewakili serta membuka Musyawarah IKA FH USU saat ini," terangnya.


Setelah Musyawarah berjalan, jalannya sidang secara aklamasi menetapkan H Asrul Beni Harahap sebagai ketua umum alumni FH USU terpilih untuk empat tahun periode 2022-2026 dan untuk segera menyusun formatur susunan pengurusnya.



Dalam sambutannya setelah terpilih, H Asrul Beni Harahap sebagai ketua umum alumni FH USU mengatakan "saya mengharapkan doa dan dukungan dari semua pihak di fakultas Hukum USU ini serta kiranya dapat bekerjasama dengan baik untuk memajukan Fakultas yang kita cintai ini," harapnya.

Penulis
: Anugrah
Editor
: Rizky
Tag:Konsolidasi dan Peran Alumni dalam Mengembangkan Fakultas Hukum USUMatatelingaMusyawarah IKA FH USU Tahun 2022TerkiniUSU

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.