Berita Sumut

Masalah Dana Desa Aliansi Pemantau Independen Sumut UNRAS Di Depan Kantor Bupati

Administrator
Para pengunjuk rasa di depan kantor bupati Sergai

MATATELINGA, Serdang Bedagai : Aliansi Pemantau Independent Sumatera Utara menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Bupati Serdang Bedagai dipimpin Koordinator M. Shefa Asyari dan anggotanya di Kantor Bupati Serdang Bedagai, Kamis, 7 Desember 2023, mulai pukul 11.00 WIB. Aksi ini dilakukan untuk menyoroti dugaan penyelewengan anggaran PAPBDes tahun 2020 di Desa Sukajadi, Kecamatan Perbaungan.Koordinator aksi unjuk rasa menyerahkan tiga tuntutan kepada Inspektorat Serdang Bedagai.








Tuntutan tersebut melibatkan pemeriksaan anggaran desa, pemanggilan kepala desa terkait penyelewengan anggaran, serta tuntutan agar kepala desa diadili atas dugaan penyelewengan tersebut.


Sebelum memulai aksi, personel keamanan yang terdiri dari Kapolsek Firdaus, AKP Idham Halik, SH, beserta beberapa anggota kepolisian lainnya melakukan apel di Mapolsek Firdaus pada pukul 09.00 WIB untuk mempersiapkan pengamanan aksi.











Pada pukul 12.15 WIB, peserta aksi tiba di Kantor Pemkab Serdang Bedagai dan mulai menyampaikan tuntutan mereka dengan menggunakan spanduk dan peralatan lain di depan Kantor Inspektorat.


Pukul 12.52 WIB, kepala Inspektorat Pemkab Serdang Bedagai, Dimas Kurnianto menerima aspirasi dan tuntutan peserta aksi unjuk rasa. Pak DIMAS menyatakan akan menindaklanjuti tuntutan tersebut.






Pukul 13.00 WIB, setelah mendapat kepastian bahwa tuntutan mereka akan ditindaklanjuti, Koordinator Aliansi Pemantau Independent Sumatera Utara membubarkan diri, meninggalkan kantor Pemkab Serdang Bedagai dalam keadaan aman dan kondusif.








Aksi unjuk rasa ini merupakan bentuk tindakan dari masyarakat untuk mengawal dan memastikan keberlangsungan transparansi serta akuntabilitas pengelolaan dana desa, dengan harapan agar tindakan lanjut dari pihak terkait dapat dilakukan secara cepat dan tepat sesuai dengan tuntutan yang disampaikan.

Penulis
: Dil
Editor
: Amrizal
Tag:Aliansidana desaKantor Bupatimatatelingserdang bedagaiSumutUnras

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.