Berita Sumut

Marak di Tebingtinggi Pencurian HP Lewat Jendela dengan Tanggok, Seorang Pelaku Diciduk

Faeza
Mtc/ist
MATATELINGA, Tebingtinggi: Maraknya pencurian hp lewat jendela menggunakan sebilah kayu atau bambu yang ujungnya diberi tanggok, terlalu sering terjadi di Kota Tebingtinggi, dan tak jarang pulak pelakunya berhasil ditangkap.


Namun dalam kasus ini, Satuan Resesrse Kriminal (Satreskrim) Mapolres Tebingtinggi berhasil menangkap satu orang pelaku yang diduga sebagai pencurian hp dengan cara menanggok lewat lubang jendela.


Adalah Fajar Widodo Alias Fajar (32), seorang lelaki yang hanya tamatan Sekolah Menengah Pertama (SMP), warga Jalan Mesjid Lingkungan IV Kelurahan Karya Jaya Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi.


Kini pelaku harus menginap di balik jeruji sel tahanan Mapolres Tebingtinggi karena telah melanggar Pasal 363 dari KUHPidana dengan ancaman hukumannya diatas 5 tahun. Karena di ketahui telah melakukan pencurian satu unit Handpone merk Oppo A92 warna Putih Mengkilau dengan nomor Imei 1 867511054237050 milik korban Sri Dianti (28), warga Jalan Pringgan No 02 Lingkungan X Kelurahan Bagelen Kecamatan Padang Hilir Kota Tebingtinggi.



Hal inilah yang dikatakan Kasat Reskrim Mapolres Tebingtinggi, AKP. Wirhan Arif,SH,S.IK.MH melalui Kasubag Humas Mapolres Tebingtinggo, AKP.Josua Nainggolan kepada kru MTC, Senin (18/01).


Dijelaskan Kasubag Humas juga kronologis kejadian hingga berhasil tertangkapanya pelaku. Dimana kejadian tersebut bermula pada hari Rabu dinihari tanggal 30 Desember 2020 sekitar pukul 01.00 Wib kemarin, dimana saat itu pelaku berhasil membuka jendela rumah korban dengan menggunakan tangannya, karena pelaku telah melihat kalau diatas tempat tidur korban ada 1 unit HP.


Kemudian pelakupun mengambil sebilah gala bambu sepanjang lebih kurang 2 meter, selanjutnya pelaku mencari tali dan kemudian mencari kain yang fungsinya untuk membuat secamacm tanggok yang diikatkan pada ujung galah bambu tersebut.


Setelah peralatan berupa sebilah galah bambu yang ujungnya sudah diikatkan tanggok, lalu secara pelan-pelan pelaku memasukkan ujung galah babmu yang ujungnya terdapat tangguk untuk mengambil satu Unit Handpone Oppo A92 warna putih mengkilau yang terdapat di tempat tidur korban.


Yang mana diketahui kalau jarak antara jendela dengan tempat tidur sekitar 2 meter, sehingga bambu yang digunakan pelaku untuk mengambil hp milik korban sudah sangat cukup dan pas.


Setelah berhasil mengambil hp tersebut, pelakupun membuang bambu tersebut disekitar rumah korban. Sementara korban baru mengetahui hpnya hilang, saat dirinya baru terbangun dari tidurnya, dan diliahatnya jendela yang memiliki jerejak sudah terbuka, dan dilihatanya di sekitar rumahanya juga ditemukan sebilah galah bambu.


Akibatanya korban harus mengalami kerugian sebesar Rp 4.000.000.-. Merasa tidak senang akan hal tersebut, korbanpun langsung membuat pengaduan ke Sentra Pelayanan Kepolisain Terpadu (SPKT) Mapolres Tebingtinggi.


Akan laporan tersebut, pihak Reskrim Mapolres Tebingtinggi yang dipimpin kanit Resum, Ipda. SPN. Siregar langsung melakukan penyelidikan hingga akhirnya tepat pada hari Minggu (17/01) pelaku berhasil ditangkap saat sedang berada di rumahanya berikut berikut barang bukti satu unit Handpone Oppo A92 warna putih mengkilau.


“Pelaku beserta barang bukti satu unit Handpone Oppo A92 warna putih mengkilau sudah berhasil kita amankan dari kediaman rumah pelaku yang berada di Jalan Mesjid Lingkungan IV Kelurahan Karya Jaya Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi,” Jelas kasubag Humas mengakhiri.(mtc/bas)

Penulis
: agus sabono
Editor
: Faeza
Tag:pencurianpencurian hppolres tebingtinggi

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.