Berita Sumut

Libur Panjang, Kades Sembahe Libatkan Karang Taruna Terapkan Protokol Kesehatan

Administrator
Matatelinga.com
petugas Lalulintas Pancurbatu, sednag mengatus arus lalulintas
MATATELINGA, Pancurbatu: Cuti bersama yang berujung pada libur panjang berdampak pada kepadatan kenderaan diruas Jl Jamin Ginting, baik itu dari dan menuju puncak Berastagi, Tanah Karo, Sumatera Utara. Peningkatan volume kenderaan tersebut hingga mengakibatkan antrian panjang hingga kurang lebih 2 kilometer.





Pantauan Matatelinga.com di sejumlah titik rawan di Jl Jamin Ginting, kemacetan sudah terjadi sekitar pukul 10.30 wib. Kondisi itu diperburuk dengan banyak sejumlah angkutan umum yang parkir sembarangan guna menaik kan dan menurunkan penumpang nya.


Hal itu juga salah satu menambah antrian yang semakin panjang. Akibat nya, antrian panjang yang tidak dapat dihindarkan tersebut menambah waktu perjalan para pengguna jalan sekitar kurang lebih 1 jam lama nya.


Namun kondisi itu tidak berlangsung lama, dimana sejumlah personil Lalu lintas Polsek Pancurbatu dibantu sejumlah personil Polrestabes medan yang dipimpin Iptu S. Sinulingga selaku Kanit Lantas Polsek Pancurbatu langsung terjun kelapangan dengan mengalihkan sejumlah kenderaan ke sejumlah ruas jalan alternatif. Hasil nya, antrian panjang pun segera teratasi.


Amin kepada Matatelinga mengaku dirinya sudah satu jam harus mengantri panjang. "Sekitar satu jam lah kena antrian panjang ini. Kami mau ke Berastagi, jalan-jalan denga keluarga mengisi hari libur panjang. Untuk protokol kesehatan kami keluarga tetap antisipasi lah. Suntuk kan kalau dirumah aja," ungkap Amin yang mengaku warga Jl Halat, Medan tersebut.





Kapolsek Pancurbatu melalui Kanit Lantas Iptu S. Sinulingga kepada MATATELINGA mengatakan bahwa peningkatan arus sudah terlihat sejak pukul 09.00 wib. "Sejak pukul 09.00 wib volume kenderaan sudah mulai meingkat. Sempat ada antrian panjang, namun kita segera mengurai nya dengan mengarahkan sejumlah kenderaan menuju jalur alternatif yang sudah ada selama ini," sebut Sinulingga.


"Baik yang datang dari arah Medan dan sebaliknya nya sudah kita arahkan masuk ke Jl Simpan Kongsi hingga Simpang Jl Surin Putu dan sebaliknya nya juga bisa. Ini kita lakukan untuk mengantisipasi terjadi lumpuh total seluas lalulintas di Jl Jamin Ginting. Semua sudah terkendali," ujar Kanit Lantas tersebut.


Sementara itu disisi lain, sejumlah obyek wisata alam yang ada di Kec. Sibolangit khusus nya dikawasan Desa Sembahe terlihat dipadati sejumlah pengunjung. Kepadatan itu membuat Kepala Desa Sembahe, Esra Warista Tarigan turun tangan. Dirinya bersama sejumlah ormas Karang Taruna menghimbau para pengunjung tetap mengenakan masker.





Esra juga terlihat mengontrol sejumlah lokasi wisata diwilayah nya tersebut. "Kita kontrol lokasi wisata yang ada di wilayah desa kita ini. Ia, pengunjuk lumayan ramai. Kita juga mengontrol para pengunjung agar tidak membeludak disatu lokasi saja. Kita juga menghimbau agar para wisatawan tersebut tetap menjaga protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak dan menggunakan masker. Ia, kita juga menegur bila pengunjung tidak menggunakan masker mereka," ucap Esra.


"Tidak hanya kita dari pemerintah han desa, kita juga bersama dengan pihak Karang Taruna desa kita melakukan hal ini. Benar, antisipasi ini kita akan lakukan terus dimana hal ini untuk kebaikan kita bersama," ungkap Esra selaku Kepala Desa Sembahe itu.


Sementara itu, dari pantauan Matatelinga, Kamis (29/10/2020) hingga pukul 20.30 wib, arus lalu lintas di Jl Jamin Ginting masih terlihat padat walau diguyur hujan lebat.(mtc/edi)

Penulis
: Edi Ginting
Editor
: Amrizal
Tag:Hari Libur panjangKades Semabhematatelinga.commatatelinga compolsek pancurbatuProtokol KesehatanTerkiniTravelokablibliIndex

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.