Berita Sumut

Koperasi BES, Cara Masyarakat Desa Bulucina Melawan Rentenir

putra
Matatelinga.com
Seluruh peserta diskusi bedah buku dan penulis berfoto bersama di Aula Kantor Desa Bulu Cina, Kamis (22/9). Selain membedah, diskusi ini juga dirangkai dengan peluncuran buku “Bangun Ekonomi Sedulur”.

MATATELINGA, Deli Serdang : Masyarakat Desa Bulu Cina, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) memiliki cara inovatif untuk melawan rentenir. Setelah bertahun-tahun dicengkeram rentenir, masyarakat Bulu Cina mendirikan koperasi bernama Bangun Ekonomi Sedulur (BES).

Dari modal awal sebesar 920 ribu rupiah, BES berhasil mengembangkannya menjadi 250 juta rupiah dalam waktu enam tahun. Koperasi ini mampu menolong 150 orang anggotanya.

Di banyak tempat, tidak sulit menemukan kemiskinan, tetapi tidak selalu mudah menemukan kelompok masyarakat yang mau berjuang secara bersama-sama menghadapi kemiskinan.

Di Bulu Cina ada kelompok masyakakat yang menamai diri sebagai KPMD (Komite Pemberdayaan Masyarakat Desa). Kelompok masyarakat ini gigih berjuang melawan kemiskinan agar bisa terlepas dari jerat rentenir.

KPMD sendiri sejak awal berdiri tahun 2012 bersepakat untuk membangun ekonomi saudara-saudara mereka yang terjerat kemiskinan.

Penulis
: Mtc/rel
Editor
: Putra
Tag:Cara MasyarakatDesa BulucinaKoperasi BESMelawan Rentenir

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.