Berita Sumut

Jembatan Penghubung di Desa Ambalutu Nyaris Amblas

Faeza
didieks/matatelinga
Kondisi jembatan penghubung Desa Karya Ambalutu  ke Desa Ambalutu kecamaan Buntu Pane Asahan

MATATELINGA, Asahan: Jembatan penghubung dari Desa Karya Ambalutu menuju Desa Ambalutu yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Asahan tahun anggaran akhir 2018 lalu,kini kondisinya sangat memprihatinkan dan rawan ambruk. dikarenakan di kedua sisi pondasi jembatan tersebut sudah tergerus oleh air sungai Ambalutu yang mengalirinya, Jum’at (26/11/2021).

Keterangan yang dapat dihimpun dari warga masyarakat desa Ambalutu Arifin (45) warga desa Ambalutu kecamatan Buntu Pane Asahan kepada matatelinga.com , Jum’at (26/11/2021) mengatakan hujan yang mengguyur di desa ini dan hulu sungai mengakibatkan debit air menjadi naik dan pondasi dikedua sisi jembatan yang menghubungkan desa Karya Ambalutu dan desa Ambalutu kecamatan Buntu Pane ini tergerus oleh derasny air yang mengaliri sungai Ambalutu ini.

"Kejadian inisudah terlihat beberapa hari lalu dan yang terparah setelah terjadi hujan semalaman pada Kamis (25/11/2021) semalam, debit air merambat naik dan desar sekali," ucap Arifin.



Jembatan ini merupakan satu satunya akses jalan penghubung di dua desa tersebut, dan dengan kondisi jembatan yang seperti ini tentunya hasil produksi pertanian warga masyarakat akan terganggu dan perekonomian menjadi terhambat, kami berharap Pemerintah Kabupaten Asahan Bupati Asahan H.Surya, untuk dpat memperioritaskan adanya perbaikan jenbatan tersebut.

"Kami warga masyarakat di desa ini selain sering mengalami kebanjiran juga kondisi jalan desa yang kopak kapik ditambah lagi kondisi jembatan desa kami yang akan ambruk bila tidak segera ditangani, mohonlah pak Bupati ini mau mempedulikan warganya, terlebih dalam Pilkada tahun lalu desa kami menyumbangkan perolehan suara yang banyak, tolong pak perhatikan desa kami,"harapnya.



Sementara Kepala Desa Ambalutu Heri Kusmiadi saat dikonfirmasi melalui selularnya membenarkan adanya kedua sisi jembatan dimaksud mengalami erosi akibat hantaman air banjir yang mengaliri sungai Ambalutu tersebut.

"Atas terjadinya kejadian tersebut kami juga sudah melaporkan ke Camat Buntu Pane, kondisi jembatan saat ini terpaksa kami tutup sementara hingga adanya penanganan perbaikan, dan bila jembatan tersebut tidak kami tutup dikawatirkan akan memakan korban jiwa dan kami berharap secepatnya dilakukan penanganannya agar transportasi perekonomian kembali lancar,"pungkasnya. (mtc/dieks)

Penulis
: didieks
Editor
: ism
Tag:Jembatan Penghubung di Desa Ambalutu Nyaris AmblasAsahan

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.