Berita Sumut

Jaksa Tuntut Polisi Pengantar Narkoba Tahanan, Delapan Tahun Enam Bulan Penjara

Administrator
Hand Over
sidang PN Medan
MATATELINGA, Medan: Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sri Delyanti, di ruang cakra 9 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (26/1/2021), menuntut Ade Saputra Ginting (34) seorang oknum polisi yang bertugas di Polrestabes Medan menjadi terdakwa narkoba jenis sabu seberat 9,42 gram dan dituntut 8 tahun 6 bulan penjara.





Dalam nota tuntutannya Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sri Delyanti, meminta majelis hakim yang menangani perkara ini, agar menghukum terdakwa yang sudah 3 kali mengantar sabu ke dalam Rumah Tahanan Polisi (RTP) diberi denda Rp 1 milyar dengan subsidar 6 bulan penjara.


"Meminta majelis hakim agar menjatuhkan hukuman pidana penjara kepada terdakwa Ade Saputra Ginting dengan pidana penjara selama 8 tahun 6 bulan, denda Rp 1 milyar, subsidar 6 bulan penjara," kata JPU di hadapan majelis hakim yang diketuai Denny Lumbantobing.


JPU menilai terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana menjadi perantara narkotika jenis sabu, sebagaimana diatur dan diancam Pidana pasal 114 (1) Jo. Pasal 132 (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.


Mendengar tuntutan tersebut, terdakwa Ade Saputra Ginting pun meminta agar hukumannya diringankan, selanjutnya hakim menunda persidangan pekan depan dengan agenda putusan.


Sebelumnya, dalam dakwaan JPU perkara terdakwa Ade Saputra Ginting berawal pada Juni 2020 sekira pukul 10.00, saat berada Kantor Polrestabes Medan dihubungi Boy Zulkarnaen (berkas terpisah), meminta terdakwa Ade Saputra mengambil nasi titipan miliknya di depan Kantor Polrestabes.






"Sekira pukul 11.00, terdakwa dihubungi kembali oleh Boy dan mengatakan bahwa kakaknya yang mengantarkan nasi sudah di depan kantor," sebut Jaksa.


Kemudian, terdakwa pergi ke depan kantor dan menemui Lina (DPO). Setelah bertemu, ia menyerahkan sebuah bungkusan makanan yang di dalamnya berisi narkotika jenis sabu.



Penulis
: Mtc
Editor
: Amrizal
Sumber
: kmc
Tag:matatelinga.commatatelinga combawa narkobaIndexJaringan Narkobapengantar narkobasidang PN MedanTravelokaTraveloka Bliblitraveloka.blibli

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.