Berita Sumut

Gubsu Tinjau Masyarakat Terdampak Bencana di Sergai

Faeza
Mtc/ist
Bencana alam banjir dan puting beliung yang menerjang beberapa daerah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mendapat perhatian serius dari Gubernur Sumatera U
MATATELINGA, Sergai: Bencana alam banjir dan puting beliung yang menerjang beberapa daerah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mendapat perhatian serius dari Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Edy Rahmayadi. Hal ini terlihat saat Gubsu melakukan kunjungan kerja sekaligus tinjau banjir dan penyerahan bantuan sembako, bertempat di Jl. Kancil Desa Sei Rampah dan Masjid Agung Sergai, Sei Rampah, Rabu (02/12/2020), yang disambut langsung oleh Penjabat Sementara (Pjs.) Bupati Sergai Ir. H. Irman, M.Si.


Dalam sambutannya, Pjs. Bupati menyampaikan beberapa poin penting terkait penanganan bencana di Kabupaten Sergai. Dirinya menyebut, bencana alam banjir dan puting beliung yang terjadi pada tanggal 28 November lalu berdampak kepada ribuan Kepala Keluarga (KK) dan ratusan hektare sawah.


“Pasca terjadinya bencana alam banjir, menurut data dari BPBD Kabupaten Sergai pada hari sabtu 28 November 2020, terdapat beberapa wilayah yang terdampak banjir dengan rincian: Kecamatan Sei Rampah terdapat 3.212 KK dan 157,9 HA sawah, Tebing Tinggi 721 KK dan 158 HA sawah, Dolok Merawan 39 KK dan 80 HA sawah, Bandar Khalipah 160 KK dan 45 HA sawah, Tanjung Beringin 169 KK dan 1.381 HA sawah, Tebing Syahbandar 30 KK dan 55 HA sawah, Sei Bamban 250 KK dan 350 HA sawah, Sipispis 125 KK dan 40 HA sawah dan Kecamatan Dolok Masihul 225 KK dan 107 HA sawah,” beber Irman, sambil menambahkan jika untuk korban bencana angin puting beliung yang juga terjadi pada hari yang sama, terdapat 114 rumah warga di Desa Sei Bamban, kilang padi serta kantor Desa Gempolan yang ada di Kecamatan Sei Bamban mengalami rusak akibat diterjang oleh angin puting beliung.



Namun, sebut Irman, Pemkab Sergai langsung merespon cepat dengan melakukan beberapa langkah/upaya dalam penanganan banjir seperti meninjau dan menyerahkan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana. Selain itu, sebutnya, Pemkab Sergai mengerahkan dinas terkait untuk melakukan penanganan seperti Dinas Sosial yang menyediakan 1 mobil tangki air, 1 truk evakuasi, tenda keluarga dan menurunkan relawan tagana sebanyak 20 orang, BPBD dengan menyalurkan bantuan berupa sembako, menyediakan perahu karet dan menurunkan satgas bencana. Untuk Dinas PUPR melakukan aksi perbaikan tanggul/jembatan di beberapa desa seperti di Meriah Padang, Bahsumbu, Sibarau, Simalas, Sei Putih dan Sei Belutu. Begitu pun dengan Dinas Kesehatan yang sudah membuat posko kesehatan serta melakukan koordinasi dengan Camat dan Kades di wilayah terdampak banjir.


Selain itu, Irman pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubsu atas bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) yang dapat disalurkan untuk meringankan beban masyarakat. “Pada hari ini kita juga menerima bantuan sebanyak 5.000 paket sembako yang diberikan kepada masyarakat terdampak banjir di 9 kecamatan,” jelasnya.


Selanjutnya, Irman menyinggung perihal pesta demokrasi Pilkada yang sesaat lagi akan digelar. Ia menyebut, selaku Pembina Kepegawaian, ada beberapa langkah strategis yang telah dilakukan dalam rangka menjaga netralitas ASN jajaran Pemkab Sergai, antara lain bahwa seluruh jajaran ASN telah mengikuti kampanye virtual gerakan nasional netralitas ASN melalui aplikasi zoom meeting. Kampanye virtual ini, sebutnya, secara terpusat dilakukan dari Jakarta dengan dihadiri Wakil Presiden (Wapres) RI, K.H. Ma’ruf Amin dan Komisi ASN.


“Diharapkan melalui langkah-langkah tersebut dapat mendukung pelaksanaan pesta demokrasi yang sukeses, berjalan damai dan kondusif di Kabupaten Sergai,” sebutnya.



Penulis
: qoqo
Editor
: Faeza
Tag:banjir sergaiPemkab Sergaisergai

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.