Berita Sumut

Edy Rahmayadi Doakan Para Pejuang Kemerdekaan

Administrator
Matatelinga.com
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut mengikuti Ap

MATATELINGA, Medan: Tepat pukul 00:00 WIB 17 Agustus 2022, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan, Jalan Sisingamangaraja, Medan.


Acara ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).


Apel ini diikuti Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dan unsur Forkopimda lainnya, dipimpin Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin.


Pada kesempatan ini Edy Rahmayadi mendoakan dan memberikan penghormatan untuk arwah para pahlawan.

"Kami semua mendoakan arwah para pahlawan yang telah berjuang untuk Kemerdekaan Indonesia. Kita berikan penghormatan sebesar-besarnya kepada mereka yang gugur di medan juang," kata Edy Rahmayadi, usai apel, Rabu (17/8/2022) dini hari.


Menurut Edy Rahmayadi, tugas generasi saat ini adalah mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan kemerdekaan. "Sudah 77 tahun kita merdeka, apa yang sudah kita lakukan mengisi kemerdekaan ini, kita bisa tanya ke diri masing-masing sebagai introspeksi diri," kata Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin mengatakan, ada 5.383 pahlawan perjuangan yang dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan. Pahlawan perjuangan tersebut terdiri dari 4.063 TNI/Polri, 536 pahlawan badan perjuangan, 396 PNS, 258 pejuang dan 130 pahlawan tidak dikenal.


Saat semua lampu dimatikan di Taman Makam Pahlawan dan obor dinyalakan membuat suasana upacara semakin khidmat. Pada saat itu, Achmad Daniel Chardin membacakan kata-kata untuk para pahlawan.


"Kami yang ada di sini mendoakan kalian semua, kami akan melanjutkan pengorbanan saudara, mengisi kemerdekaan demi kejayaan Indonesia," kata Achmad Daniel saat memimpin upacara.

Setelahnya, Achmad Daniel kemudian memimpin prosesi mengheningkan cipta dan dilanjutkan dengan doa bersama. Edy Rahmayadi dan seluruh peserta upacara kemudian memberikan penghormatan terakhir sebelum meninggalkan Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan

Penulis
: James P..Pardrde
Editor
: Amrizal
Tag: Matatelinga.com.matatelinga.com/matatelinga.com Matatelinga comApel taman makam pahlawanforkopindaIndexTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.