Berita Sumut

Edwin Sugesti: Sudah Saatnya Dishub Lakukan Inovasi di Bidang Perpakiran

Administrator
Hand Over
Edwin Sugesti
MATATELINGA, Medan: Selain penataannya yang belum maksimal, juga masih rentan akan terjadinya kebocoran, karena tidak tercapainya target retribusi yang di bebankan setiap tahunnya. Masalah parkir di Kota Medan terus menuai kritik dan tidak ada habisnya.





Melihat kondisi ini anggota Komisi IV DPRD Kota Medan, Edwin Sugesti Nasution, menyarankan kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan agar membuat inovasi dan terobosan dalam pengelolaannya menjadi lebih baik lagi, baik dalam penataan maupun retribusi.


"Ini harus ada inovasi. Kalau tidak ada, ya akan begini-begini saja," kata Edwin Sugesti Nasution kepada wartawan di Medan, Rabu (20/1/2021) menyikapi hasil kujungan kerja Komisi IV DPRD Kota Medan ke Dishub Kota Medan, kemarin.


Diantara inovasi itu, sebut Edwin, para pengelola parkir harus berbadan hukum. "Apakah bentuknya CV atau PT, itu tergantung Dishub. Yang jelas, harus berbadan hukum," katanya.


Dengan berbadan hukum, sambung Edwin, berbagai macam tunggakan dari para pengelola bisa ditagih. "Kalaupun pengelolaannya berpindah tangan, tunggakan dari pengeloa sebelumnya bisa ditagih. Tidak seperti selama ini yang dikelola perorangan, kalau menunggak jadi hilang retribusinya karena sulit ditagih," katanya.






Menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, dengan tidak berbadan hukum, pengelola perparkiran susah untuk diaudit dan rentan dengan manipulasi serta korupsi. "Makanya, Dishub harus dapat merubah dan menetapkan syarat bagi pengelola perparkiran tepi jalan maupun di lahan privat," ujarnya.


Disisi lain, tambah Edwin, masalah Juru Parkir (Jukir) juga masih menjadi persoalan, karena para Jukir hanya terkesan mengejar setoran dan menghilangkan pelayanan terhadap para pengguna parkir.



Penulis
: Mtc/rel
Editor
: Amrizal
Tag:DPRD MedanDishub MedanParkir sembrautTerkiniTravelokablibliIndexparkiran Kota Medan

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.