Berita Sumut

Dugaan Korupsi Proyek Outer Ringroad, Kejari Siantar Tetapkan 3 Tersangka

putra
Matatelinga.com
Kajari Pematangsiantar Jurist Precisely Sitepu saat diwawancarai insan pers, Selasa (29/11/2022).

MATATELINGA, Pematangsiantar : Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Pematangsiantar tetapkan tiga orang tersangka dugaan korupsi proyek pembangunan jalan dan jembatan gorong-gorong pipa galvanis jalan lingkar luar (outer ringroad) sumber dana APBD TA 2018 senilai 9,985 M.

Ketiga tersangka itu merupakan; JT mantan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Siantar inisial JT, PP Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek, dan BS Kontraktor PT Surya Anugrah Multi Karya (PT SAMK).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Siantar Jurist Precisely menjelaskan, pada 15 November 2022, pihaknya telah menetapkan tersangka yang berkaitan dengan surat perintah penyidikan atas dugaan korupsi dalam pengerjaan pembangunan jalan dan jembatan yang meliputi galian, penimbunan pasir, dan batu pada STA 09+310 sampai dengan STA 10+150 outer ringroad, yang dikerjakan oleh Dinas PUPR tahun 2018.

Karena hasil pekerjaan jalan itu tidak berfungsi, padahal sejatinya itu merupakan jalur penghubung outer ringroad yang merugikan keuangan negara dalam jumlah tidak sedikit. Hal yang menjadi dugaan dikorupsi oleh ketiga tersangka berhubungan dengan kualitas dan volume pekerjaan.

"Sesuai hasil audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), kerugian negara sebesar Rp 2,9 miliar, "sebut Jurist.

Meski telah ditetapkan sebagai tersangka, PP dan BS masih bebas berkeliaran. Sebab, keduanya tidak dikenakan penahanan oleh jaksa penyidik.

Seiring dengan penetapan dan penahanan tersangka kata Jurist, kita akan fokus pada peran masing-masing tersangka. Tim juga telah melihat hal-hal subjektif, apakah ketiga tersangka ini akan lari, menghalangi penyidikan dan menghilangkan barang bukti.

"Terkait penahanan merupakan pertimbangan oleh penyidik (dalam penelaan tim), kata Jurist.

Jika untuk penahanan, ada hal-hal yang menjadi sebuah pertimbangan alasan subjektif, sebagaimana dimaksud pada pasal 2 UU Tipikor ancaman hukuman 20 tahun dan pasal 3 UU Tipikor ancaman 15 tahun penjara.

Sekedar diketahui, saat ini, JT masih menjalani hukuman penjara di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pematang Siantar. JT terbukti korupsi pada proyek pembangunan Pasar Tozai Siantar Sitalasari, Kota Pematangsiantar.(sip)

Penulis
: Sip
Editor
: Putra
Tag:dugaan korupsikejari siantarOuter RingroadProyekTetapkanTiga Orang Tersangka

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.