Berita Sumut

Dua Kadis di Pemko Medan Turun Jabatan, Rajuddin : Itu Hak Wali Kota

Faeza
mtc/ist
 Wakil Ketua DPRD Kota Medan, H Rajuddin Sagala SPdI

MATATELINGA, Medan: Wakil Ketua DPRD Kota Medan, H Rajuddin Sagala SPdI, menyebutkan adanya dua kepala dinas non job dan turun jabatan menjadi kepala bidang merupakan hak Wali Kota Medan Bobby Nasution. Ini menanggapi polemik sekaitan penurunan jabatan itu.

"Lebih memahami Keputusan itu Wali Kota, karena saya tidak mengetahui bagaimana kinerja pejabat tersebut. Itu hak wali kota," ujar Rajuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (4/10/2021).

Rajuddin menilai bahwa Wali Kota Medan memahami dan melihat bawahannya kurang tepat ditugaskan di tempatnya saat itu dan lebih baik jika dipindahkan ke tempatnya saat ini.

"Dan perlu evaluasi panjang selama ini ASN itu bekerja, dan untuk lebih tepatnya menjawabnya pak wali," katanya.

[adsese]
Meski menurut Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengeluarkan rekomendasi mengenai itu, bisa saja jabatan eselon II turun menjadi eselon III, Rajuddin memahami hal tersebut memiliki dasar lain.

"Menurut KASN bisa, tetapi meski bisa namun semuanya ada dasarnya, mungkin karena kinerjanya kurang bagus, selain dasar yang lain. Tetapi kenapa harus diturunkan minimal selevel, tetap pak wali kota yang lebih berhak dan memberikan evaluasi," ungkapnya.

Sementara disinggung 11 orang pejabat eselon II yang dilantik, menurutnya sudah teruji kinerjanya.

"Tapi, kita lihat nanti setelah diberikan amanah baru seperti apa kinerjanya, kita beri kesempatan dulu," katanya.

Rajuddin berkeyakinan, sebelum menggeser sejumlah kepala dinas Wali Kota Medan sudah mengamati lebih dulu sosok calon tersebut sebelum penempatan jabatan baru, namun tidak terlepas masukan tim yang selama ini mendampingi mulai dari kampanye hingga saat ini.


"Sejak 7 bulan pak wali sudah melihat, kadis yang ini cocoknya di sini, di samping dia juga menerima masukan dari timnya. Saya kira itu sudah kebijakan tepat, begitupun kita lihat setelah kadis-kadis itu bekerja setelah 3 bulan apa hasilnya. Baru kita berikan evaluasi,” ujar politisi PKS Kota Medan ini.

Sekadar informasi, dua kepala dinas non job dan sekarang menjabat sebagai kepala bidang yakni mantan Kadis Lingkungan Hidup, Medan Syarif Armansyah Lubis, yang sebelumnya non job, sekarang ini menjabat salah satu kepala bidang di Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan.

Selanjurnya mantan Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (P3A&PM) Kota Medan Khairuniza Mosaza, saat ini menduduki kepala bidang di Dinas Perindustrian Kota Medan. (mtc/amr)

Penulis
: amrizal
Editor
: ism
Tag:DPRD Medan

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.