Berita Sumut

Diduga Korslet Ruko Penyimpanan Barang di Jalan Sutomo Terbakar

putra
Matatelinga.com
Kobaran api menjilati bangunan ruko tempat penyimpanan barang di Jalan Sutomo Medan, Selasa (24/1/2023) malam

MATATELINGA, Medan : Toko Asia Baru di Jalan Sutomo simpang Jalan HM Yamin, Lingkungan III, Kelurahan Perintis, Kecamatan Medan Timur terbakar, Selasa (24/1/2023) malam.

Tidak ada korban jiwa, namun seluruh barang berharga dalam bangunan permanen tersebut ludes dilalap api. Ditaksir kerugian mencapai miliaran rupiah.

Hubungan arus pendek (korsleting) listrik diduga menjadi penyebab kebakaran.

Informasi diperoleh, peristiwa kebakaran ini terjadi pada pukul 20.35 WIB. Api dengan cepat membesar, menjilati sekitarnya.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Medan menerjunkan sejumlah armada pemadamnya ke lokasi kejadian.

"Setelah berjibaku hampir 4 jam lamanya, api dapat dipadamkan sekitar pukul 23.58 WIB," ujar Manager Pusdalops-PB BPBD Kota Medan Ronald F Sihotang, Rabu (25/1/2023).

Dia menyebut, tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, hampir separuh bagian bangunan hangus terbakar.

"Objek terbakar 1 unit tempat usaha toko Asia Baru dengan persentase terbakar sekira 40%," terangnya.

Dia menambahkan, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Sejumlah saksi telah dimintai keteranan dan bukti petunjuk diamankan

"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Korban jiwa nihil," pungkasnya.

Sementara, informasi di Polsek Medan Timur menyebutkan, kebakaran itu melanda sebuah rumah toko tempat penyimpanan barang dagangan toko Asia Baru Jalan Sutomo No 18 Q Kelurahan Perintis, Kecamatan Medan Timur.

Pemilik rumah atau korban atas nama, Ahun (56). Keterangan saksi, Rozi sekira pukul 20.10 WIB, pulang mengantar barang ke gudang dari Toko Asia Baru bersama temannya Iwan dan Acek.

Saksi kemudian naik ke lantai 2 gudang barang dan bermain HP selama 15 menit lebih kurang.

Sekira pukul 20.25 WIB, saksi merasa pengab karena banyak asap, sehingga turun ke bawah mengambil air. Namun, asap semakin tebal, membuat saksi tidak bisa naik lagi ke atas dan langsung melaporkan kejadian tersebut kepada pemilik dan teman-temannya yang berada di toko Asia Baru selanjutnya pemilik toko menghubungi Polsek dan Pemadam kebakaran.

Pada pukul 20.30 WIB, mobil pemadam kebakaran Pemko Medan tiba di lokasi memadamkan api di lantai 2 toko yang berisikan barang dagangan berupa pempers dan sejenis lainnya.

Asal api diduga disebabkan korsleting arus listrik yang berada di lantai 2 ruko tersebut.

Penulis
: Mtc
Editor
: Putra
Tag:kebakarangudangkorsletsususutomo

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.