Berita Sumut

Di Kantor Bupati Kabupaten Toba, Aliansi Gerak Tutup TPL Gelar Aksi Damai, ini Tuntutannya

rizky
Yin/matatelinga.com
Di Kantor Bupati Kabupaten Toba, Aliansi Gerak Tutup TPL Gelar Aksi Damai, ini Tuntutannya, Rabu, (14/1/2022)
MATATELINGA. Toba - Personel Polres Toba dipimpin oleh Waka Polres Toba AKBP. Janner Panjaitan SH, MH, melakukan pengamanan pada aksi damai oleh aliansi Gerak Tutup TPL ke Kantor Bupati Kabupaten Toba, Rabu, (14/1/2022).



Penyampaian aspirasi yang dilakukan oleh aliansi Gerak Tutup TPL menuntut sebagai berikut :


a. Agar Pemerintah Kab. Toba mencabut Izin konsesi PT. TPL dan menutup PT. TPL secepatnya.


b. Menutup PT. TPL adalah adalah langkah terbaik untuk mensejahterakan bangsa batak di wilayah Kab. TobazDanau Toba indah tanpa TPL.


Baca JUga:PLN dan Ditjen Minerba Lakukan Enforcement Efektivitas Pasokan Batu Bara

c. Menuntut pertanggung jawaban Sekda Kab.Toba an. Drs. Audi Murphy Sitorus M.Si terakit pernyataannya pada tanggal 9 Januari 2022 sebagai berikut ”bahwa lahan di tujuh lokasi yang diklaim sebagai Tanah adat di Kab. Toba tidak memenuhi syarat menjadi kawasan adat. Alasannya, berdasarkan verifikasi dan identifikasi, lahan yang selama ini diklaim milik masyarakat adat merupakan tanah negara. Disebut-sebut, lahan ditujuh lokasi ini akan dirampas oleh negara. Bahkan, Audi mengatakan bahwa mereka akan menyerahkan tanah yang diklaim milik masyarakat adat itu pada PT Toba Pulp Lestari (TPL). Tanah itu tanah negara. Tanah negara diberikan untuk diusahai oleh PT TPL. Artinya, rumah orang, kita sewa, begitu,” katanya, Minggu (9/1/2021). Audi mengatakan, kalaupun nantinya tanah yang diklaim sebagai milik masyarakat adat itu hendak disahkan, maka tergantung keputusan dari Bupati


d. Desak Bupati Kab. Toba agar mencopot Drs. Audi Murphy Sitorus, M.Si dari jabatan Sekda Pemeritah Kabupaten Toba.


e. Mendesak Bupati Toba agar menandatangani rekomendasi pengajuan SK hutan adat kepada Presiden RI.



Sementara sekda Audy Murphi Sitorus sudah secara terbuka sudah diklarifikasi melalui media sosial bersama wartawan yang menuliskan berita tersebut dan merupakan kesalahan teknis pemberitan.


Penulis
: Yin
Editor
: Rizky
Tag:Aliansi Gerak Tutup TPL Gelar Aksi DamaiMatatelingaTerkinitoba

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.