Berita Sumut

Bupati Humbahas Diminta Copot Jabatan 10 Camat Karena Cacat Hukum

putra
Matatelinga.com
Ketua Lsm Pakar Humbahas Sudirno Lumbangaol.

MATATELINGA, Humbahas : Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor , diminta segera mencopot jabatan 10 orang Camat yang baru dilantik pada 15 Juli 2022 lalu. Karena dinilai cacat hukum.



Mereka adalah, Eliapzan Sihotang S.Sos sebagai Camat Dolok sanggul, Camat Pollung Parman lumbangaol ST, Camat Baktiraja Sanggam Lumbangaol Spd.



Kemudian, Camat Onanganjang Posma Sahata Tua Manullang SE Ak MM, Camat Sijamapolang Drs Toga Halasan Simamora , Camat Lintong Nihuta Bontor H Silaban SE , Camat Paranginan Parlin Siahaan SE.



Selanjutnya, Camat Pakkat Ida hayati Marbun SSos, Camat Parlilitan Darmo hasugian SSos, camat Camat Tarabintang Serinaya Tinambunan SSos.





Permintaan itu dari Ketua LSM Pembela Kemerdekaan Rakyat (Pakar) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Sudirno Lumbangaol dalam keterangan persnya, Minggu (18/9) di Dolok Sanggul.



Menurut Sudirno, berdasar pernyataan Wakil Rektor Bidang Adminitrasi IPDN , Dr Rizari Mba MSI menyampaikan, bahwa pengangkatan Camat harus sesuai Undang-Undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (Pemda). Disebutkan , menjadi Camat harus menguasai teknis Pemerintahaan, dan bagi yang tidak memiliki ijasah pemerintahaan atau kepamongprajaan wajib mengikuti pendidikan atau pelatihan kepamongprajaan.



" Dalam hal ini , kita lihat pengangkatan 10 orang PNS sebagai Camat bukan bacgroud pemerintahan. Kemudian, semenjak jadi camat, tidak pernah mengikuti pelatihan," ucap Sudirno.



Dari pengamatan Sudirno, berdasar peraturan perundang-undangan yang berlaku, pengangkatan 10 orang PNS sebagai Camat adalah cacat hukum.



Ia merujuk pada pasal 224, yang bunyinya camat dari Pegawai Negeri Sipil yang menguasai pengetahuan teknis pemerintahan dan memenuhi persyaratan kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.




Penulis
: Dedy simbolon
Editor
: Putra
Tag:10 camatmatatelinga.commatatelinga comcacat hukum camatlsm pakar humbahas

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.