Berita Sumut

Bawaslu Asahan Didesak Ungkap Pelaku Pengerusakan APK

Faeza
Mtc/ist
Leo Liberty Napitupulu SH.MH tim hukum paslon Surya Taufik.
MATATELINGA, Asahan: Hingga saat ini pengawasan yang dilakukan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Asahan terhadap jalannya tahapan Pilkada hanya terkesan untuk menjalankan rutinitas pekerjaan sehari hari. Meskipun banyak ditemui pelanggaran dan kecurangan, dan yang lebih ironisnya lagi ada kesan men juctice dan membesarkan suatu temuan yang sebenarnya dapat diredam.


Ketua tim pemenangan Surya Taufik Mapilindo melalui tim hukum pemenangan Surya Taufik Leo Liberty Napitupulu kepada matatelinga.com Rabu 28 Oktober 2020 mengatakan tugas dan kewenangan serta kewajiban pengawas pemilu berdasarkan perundang undangan yang ada diantaranya menyusun standar tata laksana pengawasan penyelenggaraan pemilu.


"Dan melakukan pencegahan serta penindaan terhadap pelanggaran pemilu, sengketa proses pemilu dal lainnya yang berkaitan dengan itu,"ujarnya.


Lebih lanjut Leo Liberty Napitupulu mengatakan berkaitan dengan kejadian pengerusakan terhadap beberapa baleho dan spanduk milik pasangan calon Surya Taufik beberapa waktu lalu di kecamatan Aek Songsongan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab juga sudah kami laporkan dan dibuat pengaduannya serta telah diterima oleh pihak petugas Bawaslu Kabupaten Asahan pada 24 Oktober 2020 .


"Berkenaan dengan hal tersebut Bawaslu Kabupaten Asahan juga meminta kami selaku pelapor untuk memberikan secara detail identitas dan tempat tinggal pelaku pengerusakan tersebut, persoalan ini tidak pada kapasitas saya selaku pelapor, dan ketidak mampuan kami dalam menyebutkan identitas dan tempat tinggal pelaku hendaknya tidak dijadian sebagai alasan untuk tidak melanjutkan perkara yang saya laporkan ini, dan disinilah Bawaslu diuji kemampuannya dalam menyikapi tugas dan tanggung jawabnya sebagai lembaga pengawas Pemilu, mereka di gaji dan di biayai oleh negara, dan kami sebagai peserta Pemilukada juga dilindungi oleh undang undang negara ini," bebernya.



Bawaslu Kabupaten Asahan diharapkan untuk tidak menghentikan perkara yang kami laporkan dan Bawaslu juga untuk segera dapat mengungkap dan menangkap pelaku pengerusakan, terlebih lagi pengerusakan tersebut bukan hanya sekali dilakukan namun sudah beberapa kali, demikian juga halnya dengan kasus penggerebekan yang dilakukan oleh anggota Bawaslu bersama stafnya tanpa didampingi oleh aparat kepolisian saat di wilayah Kecamatan Kisaran Barat.


"Terkait adanya dugaan manypolitik, ini juga menjadi perhatian bagi tim hukum pasangan calon Surya Taufik, serta beberapa kasus lain yang secara terus menerus tim paslon Surya Taufik menjadi sasaran incaran Bawaslu, kami tim pasangan calon ST20 berharap hendaknya Bawaslu obyektif serta beralaku adil dalam melakukan pengawasanan," pungkasnya. (mtc/ben)

Penulis
: benawi
Editor
: Faeza
Tag:Pilkada asahanAsahan

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.