Berita Sumut

Anggota DPRD Medan, Edrwad Hutabarat Harus Minta Maaf !

Administrator
Hand Over

MATATELINGA, Medan; Soal prilaku Edward dinilai telah menciderai hak wartawan sebagai peliput berita yang dilindungi negara lewat UU Pers.Anggota Komisi III DPRD Medan, Edrwad Hutabarat diminta untuk melakukan permintaan Maaf kepada para awak media yang bertugas di DPRD Medan.

Hal itu dikatakan pengamat politik Kota Medan, Rafriandi Nasution dalam menyikapi tindakan yang diambil oleh anggota Komisi III DPRD Medan, Edward Hutabarat yang 'mengusir' tiga orang wartawan yang sedang meliput kegiatan rapat pembahasan R-APBD 2021 di Komisi III DPRD Medan, pada Rabu (11/11) yang lalu.

Rafriandi menilai, sikap anggota Fraksi PDIP yang menyuruh wartawan keluar dari ruang rapat Komisi III saat rapat bersifat terbuka masih berlangsung itu, bukan hanya bentuk pelanggaran kode etik, tetapi juga bentuk pelanggaran dan kesalahan yang dilakukan Edward kepada insan pers.

Oleh karena itu, sudah selayaknya Ketua Komisi III, Ketua Fraksi PDIP, Ketua BKD, hingga para pimpinan di DPRD Medan agar mendesak Edward Hutabarat untuk melakukan permohonan maaf kepada para insan pers yang ada di DPRD Medan.

"Meminta maaf itu bukan hanya kepada tiga wartawan yang diusir, tetapi kepada seluruh wartawan yang bertugas di DPRD Medan. Karena sesungguhnya yang dicederai hak nya bukan hanya oknum tiga wartawan itu, melainkan profesi dari wartawan itu sendiri. Artinya setiap orang yang berprofesi sebagai wartawan, khususnya di DPRD Medan, pasti akan terluka hatinya saat mendengar ada oknum anggota dewan mengusir wartawan saat sedang menjalankan tugas," ujar Rafriandi.

Dijelaskan Rafriandi, hal ini juga seharusnya menjadi perhatian dan pelajaran penting para bagi anggota dewan yang terhormat di DPRD Medan, khususnya bagi setiap alat kelengkapan dewan (AKD) yang ada di DPRD Medan. Agar kedepannya, dalam setiap melakukan rapat terbuka, tidak lagi menghalang-halangi wartawan dalam menjalan tugasnya.

"Seharusnya, para wakil rakyat itu harus berterimakasih kepada para wartawan yang sudah membantu menyampaikan kinerja mereka kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang menjadi konstituennya. Sebab, keberadaan mereka disana karena dipilih oleh konstituennya," ucapnya.

Selain itu, anggota DPRD Medan yang dinilai menghalang-halangi tugas jurnalistik, juga diminta untuk memahami UU tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Sebab sejatinya, seorang anggota dewan yang 'matang' bukan hanya harus memiliki emosional, spiritual dan intelektual yang baik, melainkan juga harus informatif," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Fraksi PDIP sekaligus Ketua Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Medan, Robi Barus SE mengaku akan memanggil Edward Hutabarat guna mengklarifikasi hal tersebut kepada Edward.

"Apapun namanya dia anggota saya di Fraksi, saya harus bicara dulu sama dia selaku Ketua Fraksi sebelum nanti ke BKD, karena kebetulan saya juga Ketua BKD. Hari Senin saya rencananya saya panggil," jawabnya.

Seperti diketahui, anggota Komisi III DPRD Kota Medan, Edward Hutabarat meminta tiga orang wartawan yang sedang meliput kegiatan rapat pembahasan R-APBD Tahun 2021 dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan pada Rabu (11/11) siang untuk keluar dari ruang rapat Komisi III pada gedung DPRD Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis No.1 Medan.

Rapat yang dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan, Edliati Siregar itu mendadak terhenti ketika Edrwad Hutabarat meminta wartawan untuk meninggalkan ruang rapat dengan alasan ada yang harus dibahas dengan pihak Dinas Koperasi dam UMKM dan tidak perlu didengar oleh para awak media.

Padahal diketahui, rapat pembahasan bersifat terbuka untuk umum, apalagi untuk awak media yang memang bertugas untuk memberikan informasi terkait seluruh kegiatan di DPRD Medan.

"Ada yang mau di bahas ini. Wartawan tolong keluar dulu ya," ucap politisi PDIP itu ditengah pembicaraannya dengan Kadis Koperasi dan UMKM Edliati dihadapan para wakil rakyat lainnya di Komisi III DPRD Medan yang hadir saat itu.

Penulis
: wewend
Editor
: Amrizal
Sumber
: Rel
Tag:Anggota DPRD Medanberita terkiniDPRD MedanEdrwad HutabaratTerkiniblibliTraveloka

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.