Berita Sumut

Akhirnya Oknum Kades Salabulan Dijatuhi 4 Tahun Penjara

rizky
MATATELINGA
sidang perkara dugaan kasus korupsi yang bersumber dari alokasi dana desa anggaran 2019 lalu akhirnya menemui titik terang
MATATELINGA. Pancurbatu - Perjalanan panjang atas sidang perkara dugaan kasus korupsi yang bersumber dari alokasi dana desa anggaran 2019 lalu akhirnya menemui titik terang. Ini dibuktikan dengan sidang yang digelar , Senin (26/07/2021) sekitar pukul 11.30 Wib di Pengadilan Negeri Medan, dimana kedua terdakwa yang masih-masing oknum kepala desa LT beserta oknum bendahara desa nya FV dijatuhi hukuman 4 tahun kurungan penjara.



Pada sidang yang digelar sebanyak sebelas kali tersebut disebutkan dalam agenda amar putusan tersebut bahwa kedua terdakwa telah melakukan tindak pidana korupsi dalam penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) pada Desa Salabulan Kec. Sibolangit Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara tahun 2019 dengan kegiatan pembangunan jembatan lanjutan, pembukaan jalan menuju jembatan dan Tembok Penahan Tanah atau disingkat TPT. Yang mana negara mengalami kerugian mencapai Rp.258.604.903,- (dua ratus lima puluh depalan juta enam ratus empat ribu sembilan ratus tiga rupiah).


Dalam dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum melalui Kasubsi Cabjari Pancur Batu Yudi Syahputra SH bahwa para terdakwa melanggar padalarang primair Pasal 2 ayat 1 Jo Pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 Jo UU No 20 Tahun 2001 Jo pasal 55 KUPidana, Subsidiair Pasal 3 Jo Pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 Jo UU No 20 Tahun 2001 Jo Pasal 55 KUHPidana.


Baca Juga:Pemko Medan dan Kejari Belawan Lanjutkan Kerjasama Penanganan dan Penyelesaian Kasus Hukum Perdata Dan TUN Yang Dihadapi Pemko Medan

Majelis Hakim Memutuskan dalam amar putusan menyatakan bahwa para terdakwa melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama yang termasuk dalam Pasal 2 Ayat (1) Jo. Pasal 18 Ayat (1) huruf a, b UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan Atas UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo. Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP.


Majelis hakim pada persidangan tersebut menjatuhkan pidana penjara kepada para Terdakwa selama 4 (empat) tahun dikurangi masa tahanan dan Pidana Denda sebesar Rp. 200.000.000,-, (dua ratus juta rupiah) subsidair 3 (tiga) bulan kurungan dengan perintah para terdakwa untuk tetap ditahan.



Majelis hakim juga menghukum terdakwa LT dengan membayar uang pengganti sebesar Rp. 107.915.423,00 (Seratus Tujuh Juta Sembilan Ratus Lima Belas Ribu Empat Ratus Dua Puluh Tiga Rupiah). Jika terdakwa tidak dapat membayar uang pengganti tersebut paling lama 1 bulan sesudah putusan pengadilan tersebut, yang mana telah memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh pihak Kejaksaan dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut.

Penulis
: Mtc/Edi
Editor
: Rizky
Tag:dana desaKades SalabulankorupsiMantan Kades SalabulanMatatelingaOknum Kades SalabulanPancurbatuTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.