Berita Sumut

Wali Kota Apresiasi Pengajian Jumat Barokah

Administrator
matatelinga.com
Pengajian Jumat Barokah
MEDAN - Matatelinga, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi sangat mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya Pengajian Jumat Barokah hasil kerjasama TP PKK Kota Medan dengan Dinas Pertamanan Kota Medan, yang dilaksanakan secara bergantian di mushala-mushala di sejumlah taman di Kota Medan. Sebab, pengajian ini dinilainya sebagai salah satu wadah untuk pembinaan umat beragama, khususnya umat Islam di ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Menurut Wali Kota,  gagasan atau ide mengadakan pengajian pada taman - taman yang ada di Kota Medan dipadang sangat strategis. Selain memberikan suasana yang lebih asri dan sejuk sehingga menambah kekhusukan  dalam mengaji, juga memanfaatkan mushola yang ada di taman - taman kota agar makmur.

"Keberadaan mushola di taman - taman kota harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Artinya bertambah lagi ruang untuk membina ummat Islam ke depannya", kata Wali Kota saat menghadiri pengajian Jumat Barokah di Mushala As Syuhada Taman Ahmad Yani Medan, Jumat (16/01/2015).

Dihadapan Wakil Ketua DPRD H Iswanda Nanda Ramli dan  Burhanuddin Sitepu SH, Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin,ibu-ibu pengajian Keluarga Muslim Karo (Kamka), Kadis Pertamanan Kota Medan Ir Zulkifli Sitepu, Ketua BKMT Kota Medan  Hj Aminah Yunus Rasyid serta sejumlah pimpinan SKPD, Edwin Ginting (Satgas IPK), Wali Kota berharap kegiatan pengajian ini dapat dimasukkan menjadi kegiatan rutin.

"Kita akan mengundang kelompok-kelompok pengajian yang ada untuk menggelar pengajian di mushala yang ada di taman kota. Selain itu jika ada kelompok pengajian yang ingin mempergunakan mushala yang ada di taman - taman kota, Dinas Pertamanan harus memfasilitasinya dengan memberikan izin. Dengan begitu keberadaan mushala ini benar - benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,", ungkap Wali Kota.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wali Kota tak lupa mengajak seluruh yang hadir mengikuti pengajian, terutama ibu-ibu pengajian agar terus mendukung program Pemko Medan, terutama dalam mendukung program Medan Berhias di lingkungan tempat tinggalnya amsing-masing. Dengan dukungan penuh dari ibu-ibu pengajian, Insya Allah program Medan Berhias dapat berhasil, ujarnya.

Ketua TP PKK Kota Medan, Hj  Rita Maharani Dzulmi Eldin mengatakan, pengajian yang diberi nama Pengajian Jumat Barokah ini sudah dua kali dilaksanakan TP PKK Kota Medan bekerja sama dengan Dinas Pertamanan. Pertama dilaksanakan di Mushala Syuhada  Taman beringin Jalan Sudirman Medan, sedangkan pengajian kedua di Mushala As-Syuhada  Taman Ahmad Yani Jalan Sudirman Medan. Pengajian ini rutin digelar setiap dua minggu sekali dalam sebulan.

"Pengajian ini kita gelar dalam rangka peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.  Pengajian ini telah kita lakukan untuk kedua kalinya dan kedepan akan kita lakukan rutin dua minggu sekali. Selain mendengar tausiah dari ustadz, kita juga akan menjadikan pengajian ini sebagai media pembelajaran kepada anggota untuk mempelajari ayat - ayat suci Al-Quran," kata Hj Rita.

Keberadaan mushola yang ada di taman - taman kota  kata Hj Rita, sangat berguna bagi masyarakat, khususnya yang beragama muslim untuk melaksanakan shalat 5 waktu. Untuk itulah dirinya selaku ketua TP PKK Kota Medan menghimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan dengan sebaik mungkin keberadaan mushola di taman  kota, salah satunya dengan menggelar pengajian.

Sementara itu Kadis Pertamanan Ir Zulkifli Sitepu mengungkapkan, sejak adanya mushala di taman - taman kota suasana taman bertambah ramai dan  dahulunya taman dianggap tidak baik, kini anggapan tersebut telah hilang. Untuk itu mushala yang ada harus terus diisi dengan kegiatan - kegiatan yang positif seperti pengajian Jumat Barokah

"Pengajian Jumat Barokah ini akan dilaksanakan rutin 2 minggu sekali dan mushala menjadin tempat pengajian akan digilir secara bergantian. Dalam setiap pengajian, kita akan mengundang ibu - ibu pengajian dari berbagai pengajian  yang ada di Kota Medan, kata Zulkifli Sitepu.

Kedepan Zulkifli berencana akan membangun mushola di Lapangan Cadika Pramauka Jalan Karya Wisata, Kelurahan Gedung Johor, kecamatan Medan Johor dan merenovasi mushala di Lapangan Merdeka Medan. Dengan pembangunan dan renovasi yang dilakukan, dia berharap warga yang menggunakan taman untuk berolahraga maupun berekreasi tidak akan terganggu untuk melaksanakan shalat ketika waktu shalat telah tiba.

Sementara itu Al Ustadz, Drs H  Akmal Tarigan dalam tausiah singkatnya menyampaikan, sesuai tema "Jumat Barokah", maka harta, jabatan, umur dan ilmu yang dimiliki saat ini harus memiliki barokah. Jika tidak memiliki barokah, maka semua itu tidak akan memiliki nilai di mata Sang  Pencipta. Usai pengajian Wali Kota didampingi Ketua TP PKK dan Kadis pertamanan memberikan tali asih dan bingkisan kepada seluruh jamaah pengajian yang ahdir.

(Mt/Hendra)

Tag:

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.