Berita Sumut

Sumut Siap Sambut Siswa Pasis Seskoal

Administrator
Matatelinga  - Medan, Sumatera Utara yang memiliki posisi strategis baik secara ekonomi, geografis, politik, dan sosial,ternyata sangat menarik untuk menjadi bahan pelajaran TNI AL. Dalam waktu dekat sejumlah Perwira Siswa Sekolah Staf dan Komando TNI AL (Pasis Seskoal) akan berkunjung ke provinsi ini.

Para perwira siswa angkatan LII itu telah memasukkan Sumatera Utara sebagai objek kuliah kerja mereka. Rencana kunjungan itu diungkapkan Tim Aju Pasis Seskoal Angkatan LII  saat beraudiensi kepada Sekdaprovsu Nurdin Lubis, Rabu (30/4/2014).

Kolonel Laut (T) Ir Yudi Trividyaputra menjelaskan, direncanakan tanggal 19-23 Mei 2014 siswa mereka akan mengadakan kunjungan ke beberapa instansi baik militer dan sipil di Provinsi Sumatera Utara. Sebelum turun, TNI AL bermaksud berkoordinasi dengan beberapa instansi di Sumut. "Dari Sipil salah satunya dengan pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Utara," jelasnya.

 

Sementara itu Letkol Laut (P) Edi Hariyanto melaporkan, saat ini Seskoal mendidik sekitar 170 mahasiswa. Selain dari angkatan laut, siswa juga berasal dari Angkatan Darat dan Angkatan Udara. Tahun ini mereka juga menerima siswa dari Angkatan Laut negara lain. 

Nantinya dalam pendidikan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) ini ada program Forum Strategi. Forum ini merupakan latihan sekaligus praktek bagi siswa Angkatan Laut dalam bidang studi Strategi.  Forum strategi ini dibagi menjadi Forum Strategi I, II, III dan IV. Namun untuk Sesko kali ini akan dilaksanakan program Forum Strategi II.

Forum strategi II merupakan lanjutan dari forum strategi I yang fokus pada menganalisa ancaman lima tahun kedepan plus strategis menghadapinya. Sementara pada Forum Strategi II siswa menganalisa potensi sumber daya nasional dan menganalisa potensi juga tantangan di Selat Malaka.

Dari 170 siswa akan dibagi menjadi 6 kelompok untuk menganalisa potensi sumber daya nasional di sepanjang perairan Selat Malaka. Adapun 6 kelompok itu, tersebar sekitar perairan Selat Malaka di Tanjungpinang, Batam, di Tanjung Balai Karimun, Dumai, Pekanbaru, Tanjungbalai Asahan dan Medan.

Nurdin Lubis menyatakan siap membantu kelancaran program ini. Sumatera Utara merasa bangga karena terpilih sebagai lokasi perkuliahan bagi para staf  perwira komando TNI AL. "Pemprovsu akan menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk kuliah kerja Seskoal Angkatan 52 TP 2014," ujar Sekdaprovsu.

Sekdaprovsu pada kesempatan itu yang didampingi Asisten Pemerintahan Setdaprovsu Hasiholan Silaen SH, Ka. Biro Otda Setdaprovsu Jimmi Pasaribu, mewakili Ka. Kesbangpolinmas Provsu Malentina dan mewaklili Kadiskominfo Provsu Eli Suhaeriyah.

(Mt-01)

Tag:Pemprovsu

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.