Berita Sumut

Satlantas Polresta Medan Amankan 25 juru parkir (jukir) liar

Administrator
google
Ilustrasi
MEDAN - Matatelinga, personil Satuan Lalulintas Polresta Medan dalam sepekan belakangan ini telah melakukan pengamanan terhadap 25 orang juru parkir yang tak memiliki identitas (Liar) dari beberapa tempat berbeda.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasat lantas Polresta Medan, Kompol Budy di ruang kerjanya, Jumat (16/1/2015) Siang. "Ke-25 jukir liar itu diamankan satu minggu belakangan, karena tidak memiliki tanda pengenal resmi dari Dinas Perhubungan (Dishub)," ujar Kasat Lantas Polresta Medan.

Dikatakannya, tindakan itu dilakukan untuk menghindari pungutan liar (pungli) yang dilakukan para jukir liar. Sebab, uang kutipan parkir itu masuk ke kantong pribadi masing-masing.

"Imbasnya tentu tidak masuk ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan," sambungnya.

Mantan Kapolsek Medan Baru ini menambahkan, jukir-jukir liar itu juga menjadi salah satu penyebab kemacetan arus lalu lintas. Karena membiarkan kendaraan parkir sembarangan.

Budi mengimbau para jukir liar segera mengurus surat ke Dishub agar mendapat tanda pengenal resmi. "Kita akan melaksanakan kegiatan serupa secara berkelanjutan," tegasnya.

Saat bersamaan, Budi juga menerangkan tiga kawasan rawan banjir di Medan. "Tiga titik tersebut seperti Jalan Medan-Binjai, Sisingamangaraja dan Jalan Jawa," terangnya.

Dia mengimbau, masyarakat jangan memaksakan diri melintas di kawasan banjir. Sebab tidak tertutup kemungkinan akan menyebabkan kendaraan mogok.

"Jika kendaraan mogok, tentu menyebabkan arus lalu lintas macet panjang. Selain itu, jangan sampai saling mendahului," pintanya.

Budi juga meminta agar instansi terkait segera melakukan perbaikan drainase, sehingga banjir tidak melanda Medan di masa penghujan.

Saat bersamaan, Budi menambahkan, masyarakat yang hendak menuju jalur atas seperti Tanah Karo, diminta lebih berhati-hati. "Sebab, tidak tertutup kemungkinan akan terjadi longsor," terangnya.

(Mt/Man)

Tag:jukir

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.