Berita Sumut

Polisi Tetapkan 20 Tersangka Kerusuhan Madina, Kapoldasu Beberkan Motif Aksi Unjuk Rasa

Faeza
Mtc/ist
Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, didampingi Waka Polda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto, Dir Reskrimum Poldasu Kombes Pol Irwan Anwar, dan Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Rabu (8/7) saat memaparkan kasus kerusuhan di Madin
MATATELINGA, Medan: Penyidik kepolisian akhirnya menetapkan 20 orang tersangka dalam kasus kerusuhan di Desa Mumpang Julu, Kecamatan Panyubungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal beberapa waktu lalu. Para tersangka diduga melakukan pemerasan.



"Ke-20 tersangka ini terbukti memeras Kepala Desa Mumpang Julu dengan meminta 30 persen dana BLT yang tidak sesuai peruntukkannya," kata Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, didampingi Waka Polda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto, Dir Reskrimum Poldasu Kombes Pol Irwan Anwar, dan Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Rabu (8/7/2020).

Karena tuntutannya tidak terpenuhi, Martuani menyebutkan, para tersangka melakukan demontrasi dengan menutup Jalinsum Medan-Padang. Bahkan, aksi mereka berujung anarkis dengan melakukan perusakan dan pembakaran mobil dinas milik Waka Polres Madina. 


"Mereka yang ditangkap ini memiliki peran masing-masing terdiri dari orator, penggerak massa, provokator, dan aktor intelektual. Tak hanya itu, ada beberapa yang diamankan bukan warga asli Desa Mumpang Julu," sebutnya. 


Martuani menambahkan, dalam aksi kerusuhan di Madina menyebabkan enam personil polisi terluka ketika mengamankan tempat kejadian perkara dan tengah menjalani perawatan medis. 



"Situasi terkini di Madina telah kondusif. Namun begitu, Polda Sumut dan Polres Madina tetap berjaga mengantisipasi kerusuhan susulan yang dilakukan masyarakat," ujarnya. 


Diketahui, ratusan warga melakukan unjuk rasa meminta Kepala Desa Mompang Julu Hendri Hasibuan untuk segera turun. 


Warga menilai Kades tersebut tidak transparan membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Aksi inipun berujung ricuh sehingga warga melakukan pemblokiran jalan lintas sumatera dan melakukan pembakaran dua unit mobil dan sepeda motor. 


"Saya tegaskan dalam kasus kerusuhan di Madina, Kades Mumpang Julu tidak bersalah dan benar dalam membagikan dana BLT kepada masyarakat," pungkas Martuani.  (mtc/amr)

Penulis
: Amrizal
Editor
: 1
Tag: Matatelinga.com.matatelinga.com/matatelinga.com Matatelinga com Traveloka Blibli kerusuhan madina Terkini tersangka kerusuhan madinaIndekskapolda sumut

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.