Berita Sumut

Masyarakat Sumut Deklarasikan Pemilu Damai dan Bermartabat

Administrator
Matatelinga - Medan, Masyarakat Sumut yang diwakili 34 komponen strategis mendeklarasikan sikap pemilu damai dan bermartabat, Senin (27/1/2014) sehubungan akan digelarnya Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden/ Wakil Presiden tahun 2014 ini.

Deklarasi berjudul "Sumatera Utara Damai, Pemilu Bermartabat" mereka tandatangani di hadapan Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Sumut di Wisma Benteng Medan setelah naskah deklarasi dibacakan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumut DR H Maratua Simanjuntak MA.

Unsur FKPD Sumut hadir Pangdam I/BB Mayjen TNI Istu Hari S SE MM, Kapoldasu Irjen Pol Drs Syarief Gunawan, Kajatisu Bambang Setyo Wahyudi SH MM, Danlantamal I/ Belawan Laksma TNI Didik Wahyudi SE diwakili Wadanlantamal, Pangkosek Hanudnas III Medan Marsma TNI Sungkono SE MSi, Kabinda Sumut Brigjen TNI Cucu Somantri, Danlanud Soewondo Kol PNB SM Handoko SIP MAP dan beberapa unsur lainnya.

Deklarasi diawali dialog kebangsaan antara Gubsu dan FKPD Sumut dengan berbagai komponen strategis masyarakat dengan moderator Kepala Badan Kesbangpol Linmas Sumut Drs H Eddy Syofian MAP.

Pada acara ini juga hadir pimpinan partai politik, tokoh ormas, tokoh agama, adat, organisasi pemuda, organisasi mahasiswa, pimpinan perguruan tinggi, Sekdaprovsu H Nurdin Lubis SH MM, Ketua KPU Sumut, Ketua Bawaslu dan  Kepala SKPD Provsu.

Gubernur Sumatera Utara mengapresiasi kebulatan tekad ini dan semangat ini jelas langkah bagus mengawali seluruh rangkaian pelaksanaan pesta demokrasi yang sudah diambang pintu.  .

Suksesnya pemilu, menurut Gubsu bukan semata-mata ditentukan oleh siapa yang menang ataupun siapa yang kalah, tetapi lebih penting adalah apakah pemilu itu dilaksanakan secara fair, jujur, transparan, di bawah institusi penyelenggara yang benar-benar netral dan bebas dari intervensi kekuasan.

"Kita berharap pemerintah dan birokrasi dari pusat sampai ke daerah benar-benar bersikap netral dan tidak mengintervensi seluruh pemilihan umum. Dan  kepada KPU dan perangkatnya hingga ke tingkat TPS diharap berfungsi sebagai fasilitator yang independen dan tegas terhadap berbagai bentuk intervensi," tegas Gubsu.

Pangdam I/BB  Mayjen TNI Istu Haris S, SE, MM menyambut baik kegiatan silaturahmi kebangsaan ini dan dan mendukung dialog yang dilaksanakan dalam rangka menyambut tahun politik pemilu 2014 mendatang. Dikatakkannya, pihaknya telah merencanakan khusus komunikasi sosial mengerahkan kepada jajarannya untuk presentasi untuk pembinaan dan pembentukan karakter kebangsaan kepada generasi muda. "Kita siap mendukung apa yang direncanakan pemerintah daerah," ujarnya.

Dukungan serupa juga diungkapkan  Kapoldasu Irjen Pol Drs. Syarief Gunawan, SH. Menurutnya Polda Sumut di tahun politik ini akan melakukan langkah-langkah antisipasi untuk memberikan rasa damai bagi masyarakat terkait dengan permasalahan-permasalahan yang bisa menghancurkan kondusifitas di Sumut dan menganggu proses pemilu yang akan berlangsung pada tahun ini. "Kami siap membantu pelaksanaan proses pemilu yang bermartabat ," Kapoldasu berkomitmen

Deklarasi antara lain ditandatangani Prof. DR. H. ABDULLAH SYAH, MA.

(Ketua MUI Sumut), DRS. H. HASBULLAH HADI, SH. MKn (Ketua PW. Al-Washliyah Sumut), H. ASHARI TAMBUNAN (Ketua PW. Nahdlatul Ulama Sumut), Prof. DR. H. ASMUNI, MA (Ketua PW. Muhammadiyah Sumut), Pdt. DR. JAMILIN SIRAIT (Ketua PGI Wilayah Sumut), MGR.DR.AB. SINAGA,OFM.CAP (Keuskupan Agung Medan), NARAN SAMI (Ketua PHDI Sumut), dr. INDRA WAHIDIN (Ketua WALUBI Sumut).

Kemudian H T.AZWAR AZIZ ABDUL JALIL RAHMATSYAH ALHAJJ (Sultan Langkat), H. JUNAIDI, SH. M.Hum (Ketua Harian Pujakesuma Sumut), ANWAR SUSANTO (Ketua INTI Sumut), H.A.YASYIR RIDHO LUBIS, SH.ST.M.Si (Ketua DPD KNPI Sumut), H. IRWAN PULUNGAN LUBIS (Ketua MPI Sumut), ANGGIA RAMADHAN HARAHAP

(Ketua Badko HMI Sumut), DR. H. ARSYAD LUBIS. MM (Wakil Ketua KORPRI Sumut), H TERUNA JASA SAID (Ketua SPS Sumut), Drs. H. MUHAMMAD SYAHRIL (Ketua PWI Sumut),

Sekretaris Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumut DRS. ZULKARNAIN NASUTION, MA, Ketua FKUB Sumut

DR. H. MARATUA SIMANJUNTAK

Ketua FKDM) Sumut Kol.Purn H. NURDIN SULISTYO, S.Sos, Ketua FPK Sumut DRS. H. BAHARI DAMANIK dan lainnya.

 

Deklarasi tersebut yakni siap mewujudkan Tahun 2014 sebagai Tahun Gerakan Indonesia beradab, melalui gerakan pengamalan nilai-nilai agama secara utuh, pengamalan Empat Konsensus Dasar Nasional dan Kearifan Lokal dalam kehidupan sehari-hari.

Masyarakat Sumatera Utara khususnya yang telah terdaftar sebagai pemilih, siap untuk menggunakan hak pilihnya secara cerdas pada tanggal 9 April 2014 guna mendapatkan Wakil Rakyat yang bermoral, berwawasan kebangsaan, berkualitas dan berpihak kepada kepentingan masyarakat.

Berpartisipasi secara aktif dalam setiap tahapan pelaksanaan Pemilu dan menolak bentuk kekerasan, diskriminasi, politik uang, intimidasi, provokasi serta penistaan terhadap Suku, Agama, Ras dan Golongan;

Meminta kepada Partai Politik  peserta Pemilu untuk melaksanakan praktek demokrasi secara beradab, tidak membodohi rakyat, tidak membeli suara rakyat untuk meraih kemenangan;

Meminta kepada Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu untuk menyelenggarakan Pemilu secara profesional, jujur dan adil serta tidak berpihak maupun memanipulasi hasil perolehan suara untuk kepentingan parpol atau caleg tertentu;

Meminta kepada jajaran Birokrasi Pemerintah untuk tetap melayani kepentingan masyarakat, tidak memberi fasilitas kepada kepentingan calon/Parpol tertentu dan mencegah keterlibatan PNS dalam kegiatan politik praktis;

Meminta kepada media untuk melaksanakan fungsi pers, sesuai kode etik jurnalistik dan kode etik penyiaran, dengan mengedepankan pemberitaan yang menyejukkan serta menghindari pemberitaan multi tafsir dan menyesatkan;

Meminta Aparat Keamanan bertindak adil dan profesional dalam menegakkan hukum, serta mengedepankan tindakan preventif dan persuasif guna menghindari terjadinya kekerasan. 

(Adm)

Tag:BawasludeklarasiKPUPemiluPilkada

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.