Berita Sumut

Lewat Tabuhan Gondang, Tiga Menteri Resmikan Kawasan Wisata Kelas Dunia di Danau Toba

Faeza
mtc/pintor
Pemukulan gondang (gendang) oleh tiga menteri dilakukan hari ini, Senin (14/10/19) di lokasi wisata Pardamean Sibisa Kabupaten Tobasa sebagai pertanda akan dimulainya pembangunan wisata kelas dunia.
MATATELINGA, Tobasa: Pemukulan gondang (gendang) oleh tiga menteri dilakukan hari ini, Senin (14/10/19) di lokasi wisata Pardamean Sibisa Kabupaten Tobasa sebagai pertanda akan dimulainya pembangunan wisata kelas dunia. 





[adx]


Tiga menteri yang hadir diantaranya Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menko Kemaritiman Jendral (Purn) Luhut B. Panjaitan dan menteri Perhubungan Budi Purnomo.


Pemukulan gondang turut juga dilakukan bersama tujuh investor  dan tokoh Pardamean Sibisa, Pahala Sirait.  


Diantara investor yang bersedia membangun ialah OT Agung Concern, PT ARCS House, PT Crystal Land Development, PT Gamaland Tiba Properti, PT Indah Toba Mas dan PT Heritage Resort and Spas.


Para investor ini akan memberikan design gambar ke BPODT untuk dikelola dan untuk ditempatkan di lokasi yang sudah ditentukan.


Disaksikan para bupati yang hadir diantaranya Bupati Tobasa Ir. Darwin Siagian, bupati Samosir Rapidin Simbolon dan bupati Humbahas Dorsmar Banjarnaahor.





[adx]


Turut hadir dari yang mewakili Kapolda Sumut Karo Ops  Kombes Pol M Ginting, mewakili Pangdam l Bukit Barisan Danrem 0230 Kolonel Tri Sakti, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo. Sedangkan dari tokoh masyarakat Pardamean Sibisa Pontas Sirait, Pahala Sirait, tokoh masyarakat Motung dan tokoh masyarakat Sigapiton


Di lokasi ini akan dibangun beberapa hotel bintang lima, resort dan  termasuk Samana Gamping yang berupa tenda penginapan berkelas dunia. 


"Pemerintah telah menganggarkan dana sebesar 4,04 trilyun rupiah untuk pembangunan infrastruktur jalan dan sebagainya" ungkap Luhut. 


Dana sebesar itu akan dikelola di tiga kementerian. Diantaranya, kementerian Pariwisata, kementerian PUPR dan kementerian Perhubungan dengan anggaran sebesar 4 trilyun lebih untuk tahun 2020 nanti dan sudah disetujui menteri keuangan.


Saat ini, jalan menuju lokasi pembangunan hotel dan resort sepanjang 1,9 kilometer telah dimulai pekerjaannya. 


Luhut mengharapkan sinergi antar lembaga dan masyarakat. Luhut juga menegaskan bahwa kehadiran BPODT bukan untuk menggusur atau merampas tanah rakyat. "sedikit pun saya tidak ada niat untuk menyengsarakan masyarakat termasuk masyarakat Sigapiton" tegasnya. 




[adx]


Luhut mengakui jika banyak beredar kabar di dunia maya bahwa kehadiran BPODT akan berdampak buruk bagi masyarakat.


"Kita tau dan saya tau siapa yang bermain dipersoalan BPODT. Namun saya meminta agar masyarakat jangan terprovokasi" harapnya.


Sebelum peletakan batu pertama dan penanaman pohon, para investor terlebih dahulu diulosi oleh tokoh masyarakat, Luhut Binsar Panjaitan dan Direktur Utama BPODT Arie Prasetyo. 


Tampak penjagaan ekstra dari aparat keamanan setelah kejadian yang menimpa Wiranto beberapa hari lalu. Acara tersebut diakhiri dengan jamuan makan siang dan dihibur oleh sanggar tari Nairasaon.


(MTC/Pintor)

Penulis
: pintor maruli
Editor
: Faeza
Tag:BOPDTBerita SumutDanau tobaLewat Tabuhan GondangTerkiniTiga Menteri Resmikan Kawasan Wisata Kelas Dunia di Danau TobaTobasaKlik Matatelinga.comKlik Matatelinga com

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.