Berita Sumut

Lapak Pedagang Harapan Square di Gusur

Administrator
Matatelinga - Medan, Sebanyak 20 lapak pedagang Harapan Squqre dibawah naungan koperasi serba usaha Harapan Square Jalan Samanhudi digusur oleh Tim Penertiban terpadu Pemko Medan, Senin (19/5/2014) di Jalan Samanhudi Kecamatan Medan Maimun, selain itu juga 30 an lapak pedagang liar (tidak dibawah naungan koperasi) ditertibkan, eksekusi penggusuran Satpol PP ini berjalan aman tanpa perlawanan di pimpin oleh Kasatpol PP Kota Medan M Sofyan S Sos, dengan pesrsonil Koramil, Polresta, Dinas Kebersihan, Dinas Bina Marga dan unsure aparat Kecamatan Medan Maimon.

Kasatpol PP Kaota Medan M Sofyan mengatakan, awalnya aktifitas para pedagang di Jalan  Samanhudi  ini dikenal dengan istilah warkop  (warung kopi), dengan adanya kebijakan Walikota Medan pada waktum itu ditertibkan karena adanya keberatan dari masyarakat, dan priode selanjutnya tepatnya 20 Juni 2011 dilakukan kerja sama antara koperasi serba usaha harapan square dengan Pemko Medan tentang pelaksanaan pembangunan dan penataan sarana dan prasarana puja sera harapan square.

Dikatakannya, rentang perjalalan waktu perjanajian kerja sama ini dibatalkan yakni pada 25 Februari 2014 karena pihak koperasi melanggar isi perjanjian yang telah disepakati bersama antara kedua pihak karena aktifitas tersebut menimbulkan keberatan dari masyarakat, dengan adanya pembatalan tersebut telah dilayangkan surat kepada pihak Kopareasi dan para pedagang untuk segera membongkar lapaknya sendiri.

Setelah kita lakukan pembongkaran, lokasi ini akan terus dijaga agar nantinya para pedagang tersebut tidak kembali beraktifitas membuka lapakanya kembali dilokasi ini, ujar Sofyan.

Menurutnya, setelah dilakukan pembersihan dari lapak-lapak pedagang, nantinya lokasi ini akan dikembalikan kepada fungsinya semul,  membuka  drainase yang ditutup, memfungsikan kembali beram jalan serta trotoar  sebagai fasiltas umum untuk masyarakat, dan nantinya para  eks pedagang harapan square tersebut akan direlokasi dan diarahkan ke lokasi perparkiran polonia untuk bergabung dengan para pedagang lainnya disana yang sudah membuka arena kuliner.

Lebih lanjut dikatakannya, jumlah pedagang yang berada di lokasi jalan Samanhudi ini lebih kurang 50 pedagang, namun pedagang yang berada dibawah naungan koperasi serba usaha harapan square sebanyak 20 pedagang, dimana selebihnya adalah pedagang liar yang jumlahnya semakin meningkat mencapai sekitar 30 pedagang.


(Hendra/Mt-01)

Tag:Sumut

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.