Berita Sumut

Kemenkes Perkuat Pelayanan Kesehatan

Administrator
Matatelinga - Medan,  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan berbagai upaya untuk Pemperkuat pelayanan kesehatan.  Untuk mendukung pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diluncurkan Pemerintah Republik Indonesia sejak 1 Januari 2014.


Kepala Pusat Komunikasi Publik, drg. Murti Utami, MPH mengatakan berbagai peraturan dan panduan tentang pelayanan kesehatan dan standar tarif dasar, bagi pemberi dan pengelola pelayanan kesehatan (Yankes) telah dikeluarkan. 


"JKN merupakan program jaminan sosial kesehatan nasional, yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 40 tahun 2004, tentang sistem jaminan sosial nasional atau SJSN," kata Murti Utami saat melakukan sosialisasi tentang JKN di Medan, Rabu (12/2/2014). 


Ia menjelaskan, jaminan kesehatan tersebut mengacu pada prinsip asuransi sosial, dimana peserta wajib membayar iuran yang cukup terjangkau, kemudian dapat dilayani di semua wilayah Indonesia (portabilitas) dan mendapatkan pelayanan yang sama (equal). 


"Dana yang terkumpul dari iuran, akan dikelola secara efektif dan efisien, serta sepenuhnya digunakan untuk menfaat sebesar-besarnya bagi peserta JKN. Program ini dilaksanakan dengan prinsip kendali biaya dan mutu. Artinya ada integrasi antara pelayanan kesehatan yang bermutu dengan biaya yang terkendali," jelasnya.



(Adm)

Tag:NatalBanjirjambretkorupsiMedanpenyiksaan

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.