Berita Sumut

Gubsu, Kapoldasu, Pangdam I/BB & PLt Walikota Tanam Pohon di Lapangan Merdeka

Administrator
Matatelinga - Medan, Gubsu H Gatot Pujonugroho bersama Kapoldasu Irjen Pol Syarief Gunawan, Pangdam I/BB Mayjen TNI Istu Hari Subagio dan Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Edin S MSi melakukan penanaman pohon di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (26/1/2014). 


Selain untuk untuk menjadikan Kota Medan lebih berhias yakni bersih, hijau, sehat dan sejahtera, penanaman ini juga dilakukan dalam rangka memenuhi presentase ruang terbuka hijau di Kota Medan yang sampai saat ini masih kurang sebagaimana yang diisyaratkan Undang Undang Tata Ruang.


Penanaman pohon ini dilakukan disela-sela acara pencanangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu-lintas. Baik Gubsu, Kapoldasu, Pangdam/IBB dan Pelaksana Tugas Wali Kota menanam pohon bersamaan. Adapun bibit tanaman yang ditanaman tersebut merupakan pohon produktif seperti mangga, jambu bol dan kelengkeng sehingga buah yang dihasilkan nantinya bisa dikonsumsi.


Kapoldasu Irjen Pol Syarief Gunawan menyambut baik atas dilakukannya penanaman pohon ini. Dikatakannya, jajaran Poldasu sering melakukan penanaman pohon dalam rangka mendukung penghijauan. Itu sebabnya setiap kali menggelar kegiatan seperti ulang tahun kesatuan maupun kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat, sering dirangkaikan dengan penanaman pohon.


Alhamdulillah sudah banyak sekali tanaman-tanaman yang telah kita tanam di beberapa tempat selama ini, termasuk penanaman pohon yang kita lakukan di Lapangan Merdeka hari ini. Semoga tanaman yang kita tanam itu dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Karena itu saya selalu mendukung dan mengapresiasi setiap kegiatan yang dilakukan dalam rangka mendukung penghijauan, kata Kapoldasu.

Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi usai melakukan penanaman pohon mengatakan, penghijauaan saat ini menjadi salah satu program Pemko Medan dalam rangka menjadi Medan sebagai green city sekaligus kota yang lebih berhias. Untuk memberhasilkan kegiatan tersebut, maka hampir setiap kegiatan yang dilakukan selalu disempatkan dengan melakukan penanaman pohon.


Eldin berharap, sedikit demiki sedikit penanaman pohon yang dilakukan diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk ikut melakukan penanaman pohon di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Jika semua masyarakat aktif menanam pohon, mantan Sekda Kota Medan ini optimis Medan akan menjadi green city sekaligus kota berhias.


Untuk itu melalui acara penanaman pohon ini, saya harapkan bisa menjadi inspirasi bagi kita semua, terutama masyarakat agar dengan

penuh kesadaran sendiri supaya aktif menanam pohon dan selalu merawat pohon yang telah ditanam tersebut. Dengan demikian akan tercipta kesimbangan alam, serta semakin baik kuantitas udara yang ada. Sebab, pohon sebagai penyumbang oksigen terbesar di alam ini, ungkap Eldin. 


Sementara itu kadis Pertamanan Kota Medan Ir Zulkifli Sitepu didampingi Pelaksana Tugas Sekretaris Surayadi, Pelaksana Tugas Kabis

Taman/Makam Ir Susi Agustina MSi, Kasi penghijauan Dessy Anthoni SP MM dan Kasi Taman/Dekorasi Yudi Amri A.Sos, penanaman pohon yang dilakukan ini dalam rangka untuk memenuhi presentase ruang terbuka hujau di Kota Medan yang sampai saat ini belum terpenuhi sesuai ketentuan Undang-Undang Tata Ruang Ruang.


Dalam penanam pohon yang dilakukan kali ini, Zulkifli memprioritaskan bibit tanaman produktif. Tujuannya agar tanaman yang ditanam tidak

hanya sekedar untuk penghijauan semata namun juga bisa menghasilkan. Sebab, bibit tanaman produktif yang ditanam nantinya akan

menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi.


Karena itulah saya bersama seluruh jajaran Dinas Pertamanan telah siap merapatkan barisan untuk terus melakukan penanaman pohon. Saya berharap kegiatan yang kami lakukan ini dapat menjadi motivasi dan stimulasi bagi masyarakat agar mendukung terciptanya ruang terbuka hijau sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang Tata Ruang, sekaligus mendukung Medan menjadi kota lebih berhias, harap Zulkifli.


(Adm)



Tag:Medan

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.